badge

Rabu, 16 Oktober 2019

Traveling Bawa Buah Buat Bayi? No Ribet Kalau Bawa Milna Nature Delight

Khal memang bukan anak pertama yang bikin deg-degan pas masuk usia MPASI. Sebenarnya sih khawatir kalau makanan pertama yang disiapkan itu ngga cocok. Tapi walau bukan anak pertama, worry jelang MPASI itu tetap ada aja. Khwatir aja kalau makanannya malah dilepeh-lepeh. Capek-capek menyiapkan MPASI, eh malah kebuang. Huhuhu.. sedih banget jadinya. 

Belum lagi repotnya menyiapkan MPASI pas traveling. Rasanya kan pengen dibawa aja segala peralatan bikin MPASInya. Tapi kan repot euyy, sudahlah bawa perintilan si bayi yang sampai satu tas, masa perlu ditambah sama alat-alat bikin MPASI macam slow cooker dan hand blender. 



Makanya, saya lebih milih jadi team siap saji saja deh. Bukan berarti ngga pernah bikin MPASI homemade loh. Tapi untuk mempermudah urusan dan menyingkat waktu, pilihan saya ya beli MPASI siap saji. 

Tanda Bayi Siap Makan


Sebelum ngobrolin soal MPASI lebih jauh, buibu sudah tahu belum ya tanda bayi siap makan? Ada kan orangtua dulu yang ngasih makan anaknya bahkan saat si bayi belum berusia 1 bulan. Suka gemes sendiri kalau ada orangtua yang bilang ...
'dulu anak saya makan waktu umur 2 bulan, ngga papa kok. Sekarang gede juga, ngga ada masalah' 
Padahal usia 2 bulan itu kan pencernaan mereka sama sekali belum siap buat terima makanan. Tapi ya namanya kurang edukasi, jadinya pendapat kaya gitu ya dibenarkan saja. Bayi kan baru boleh diberi makan ketika usianya masuk 6 bulan. Atau, kita juga bisa lihat tandanya seperti :

tanda bayi siap makan, sudah tegak kepalanya dan bisa duduk sendiri

  • Bayi sudah dapat menegakkan kepalanya dan duduk tegak. Pertumbuhan bayi memang beda ya. Ada yang baru 4 bulan tapi sudah bisa duduk dan kepalalnya sudah tegak. Dengan dia bisa menegakkan kepalanya sendiri dan duduk tegak, artinya lehernya pun sudah lurus. Ini penting agar ia bisa menelan makanan dengan baik. 
  • Membuka mulut lebar-lebar ketika diarahkan makanan atau sendok. Kalau pas disodorkan makanan dia buka mulut, artinya dia sudah tertarik dengan makanan. Bayi usia 5-6 bulan biasanya sudah bisa memerhatikan orang di sekitarnya. Dia sudaah mulai tertarik dengan apa yang dikerjakan orangtua atau saudaranya. Makanya, kalau lihat orangtua atau saudaranya makan, dia kepengen juga. 
  • Bayi sudah bisa duduk di high chair atau booster seat. Postur tubuh saat makan itu penting banget. Sejak pertama kali berkenalan dengan MPASI, biasakan bayi untuk duduk di kursi makannya. Jangan ditaruh di baby walker atau bouncher dimana bayi ngga bisa duduk tegak.  Dengan duduk di kursi makan, bayi akan terhindari dari bahaya tersedak. Bayi jadi dilatih buat makan secara tertib. 
  • Pola makan dan tidur berubah. Bayi yang sudah siap makan membutuhkan asupan makanan lebih banyak dari biasanya. Makanya, si bayi ini bakal kelihatan lapar terus. Yang biasanya dia hanya 5 kali minum ASI, kini jadi lebih banyak nyusunya. Kalori yang dibutuhkan juga makin tinggi, makanya bayi butuh MPASI. 
Itu tanda bayi siap makan yang bisa kita perhatikan. Anjuran dokter sih, bayi baru boleh diberikan MPASI ketika usianya 6 bulan. Karena, di usia 6 bulanlah sistem cerna bayi sudah siap menerima makanan lain, selain ASI. 

Nah, sekarang masuk soal MPASI. Siapa yang lagi galau MPASI pertama anak kira-kira dikasih apa ya? Awalnya juga saya bingung kok. Iya, walau sudah punya pengalaman di 3 anak sebelumnya, masih saja worry di anak ke 4 ini. 



Menurut dr. Attila Dewanti, Sp.A (K) pada acara campaign Cara Mudah Makan Buah Zaman Now mengatakan, MPASI itu idealnya terdiri dari 3 porsi makanan utama dan 2 porsi makanan selingan atau snack. Pada menu utama, bisa diutamakan daging dan sayuran. Sedangkan untuk makanan selingan, buah bisa jadi pilihan. 

Dr. Attila menambahkan kalau pemberian makanan selingan itu penting, untuk memastikan asupan nutrisi si kecil terpenuhi dengan baik. Snack juga harus kaya rasa supaya si kecil ngga bosan. Salah satunya dengan memperkenalkan buah. Buah itu punya warna yang menarik, sehingga bisa bikin si kecil tertarik buat makan. 

Jadi, walau baru pertama kali makan, bayi boleh kok langsung makan dengan menu lengkap. Tentu teksturnya disesuaikan. Yakali, bayi baru pertama kali makan sudah dikasih nasi utuh lengkap dengan sayur gelondongan plus potongan daging gede-gede. Sehat belum tentu, keselek iya. Buat tekstur sehalus mungkin. Ketika usianya bertambah, barulah dinaikkan sedikit demi sedikit teksturnya. 

Manfaat Makan Buah 


Selain kenalan sama karbo atau makanan pokok dan lauk pauknya, si kecil juga bisa dikenalin sama buah. Buah yang diberikan bisa dalam bentuk puree. Bisa juga sih diberikan buah potong, namun buah yang teksturnya lembek kaya pepaya, alpukat, atau semangka. Untuk puree buah, kita bisa buat sendiri. Caranya kan cuma dihaluskan saja dengan sendok atau hand blender, supaya dapat tekstur yang lebih halus.



Kenapa anak harus makan buah? Karena buah punya banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Apalagi buat bayi yang masih dalam proses pertumbuhan. Kandungan serat yang terkandung dalam buah baik untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan. Sehingga, dengan rutin memberikan buah, bayi ngga berpotensi mengalami sembelit. 

Buah memiliki kandungan vitamin yang tinggi untuk mengingkatkan kekebalan tubuh bayi. Selain itu, kandungan vitamin dalam buah juga baik buat kesehatan gusinya. Kan kalau gusinya kuat dan sehat, bayi juga bisa menikmati aneka tekstur makanan. 

Satu yang ngga kalah penting. Buah mengandung anti oksidan yang bisa mencegah penyakit degeneratif di masa yang akan datang. 

Dengan rutin memasukkan buah ke dalam menu MPASI, bayi bisa tercukupi kebutuhan serat dan vitaminnya. Bayi juga jadi eksplorasi rasa. Ngga cuma rasa gurih dari menu MPASI utamanya saja. Tapi dia jadi tahu rasa manis, asam, dan kecut :p



Milna Nature Delight, Cara Makan Buah Jaman Now


Buat buibu yang selalu pengen kasih buah ke bayi, tapi ngga mau ribet, cobain deh Milna Nature Delight. Jadi, Milna Nature Delight ini adalah puree buah yang sudah melalui proses pasteurisasi. Kalau ribet ngupas dan motong-motong buah, ya cobain aja puree buah dari Milna ini. 


Kenapa Milna Nature Delight ini recomended
  • Terbuat dari 100% buah asli dan terbaik 

  • Punya kandungan segala kebaikan buah, sama kaya buatan ibu 
  • Aman karena sudah melalui proses pasteurisasi untuk membunuh semua mikroorganisme
  • Tanpa bahan pengawet, pemanis, dan pewarna 
  • Halal, ini penting banget kan buat kita yang muslim

  • Membantu si kecil supaya bisa makan sendiri 
  • Kemasannya praktis dan ergonomis banget. Mudah dibawa dan dikonsumsi kapanpun, dimanapun 

Traveling Bawa Buah? Bapur Milna Nature Delight Aja 


Tahu ngga sih kalau Milna Nature Delight lagi ada campign Gen Bapur? Nah lo, apaan tuh #GenBapur :)  Jadi, Gen Bapur itu adalah singkatan dari GENerasi BAwa Puree. Buat buibu milenial yang concern pada semua yang simple, puree buah persembahan Milna ini bisa banget jadi pilihan.



Karena dikemas dengan sangat simple dan ergonomis, Milna Nature Delight ini pas banget buat dibawa kemana-mana. Kalau traveling sama bayi, ngga perlu repot lagi nyiapin snack sehat. Bawa aja Milna Nature Delight, dijamin si bayi suka.

Traveling sama bayi itu effortnya bisa berkali-kali lipat. Pokoknya rempong karena semua keperluan si bayi ngga boleh ada yang ketinggalan. Kalau ada aja yang ketinggalan, bisa repot dan berujung badmood. Buat bayi yang sudah MPASI kaya Khal, mesti mikirin makanan dan cemilannya juga. Soalnya, Khal ini sama banget kaya kakak-kakaknya, doyan ngemil. Makanya kudu bawa cemilan atau snack yang cukup. Biar selama di perjalanan tuh ngga cracnky karena lapar.

Dengan selalu bawa Milna Nature Delight ketika traveling, aman lah ya buat urusan snack Khal. Bisa dikonsumsi kapan aja dan dimana aja tanpa perlu repot-repot potong buah. Manfaatnya sama aja kaya siapin buah potong, kok. 



Sejak kenal sama puree buah dari si Milna Ahlinya Makanan Bayi ini, Khal jadi sering saya kasih. Dia doyan banget, sampai kalau bungkusnya belum dibuang, masih mangap aja. Padahal satu kemasan Milna Nature Delight sudah sangat cukup buat Khal. Ya maklum deh, lagi doyan-doyannya makan. 



Saya percaya semua produk makanan bayi dari Kalbe Nutritionals pasti berkualitas. Karena didukung oleh ahli nutrisi yang berpengalaman dan terpercaya. Ngga sembarangan loh menciptakan produk untuk anak, terlebih lagi buat bayi. Salah-salah nanti bukannya sehat, malah jadi sakit. Kan ngeri. 

O iya sampai lupa deh. Milna Nature Delight ini sudah bisa didapatkan di supermarket seperti Carrefour, Hypermart, Superindo, Yogya Group, atau di minimarket kaya alfamart. Harga per pouchnya hanya sekitar 10ribu rupiah saja. Malah suka lebih murah kalau lagi ada promo. 




Info lebih banyak soal MPASI, kunjungi social medianya Milna
Instagram : @milnaid
Facebook : @MilnaID
Twitter : bundamilna

4 komentar:

  1. Kalau ada ada puree buah dari Milna ini, urusan makan buah buat bayi jadi lebih simple deh. Ngga repot potong2 buah lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betull bangett mom, ngga perlu repot yaa kalo ada Milna Nature Delight

      Hapus
  2. Sebenarnya aku paling menghindari buat beli makanan bayi instan, tapi pas kemarin traveling ke Jepang bawa bayi dan berasa banget repotnya bawa MPASInya, akhirnya ku memilih buat bawa MPASI instan di next traveling nanti. Milna Nature Delight ini cocok banget jadi salah satu MPASI yang bakal aku bawa nanti.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahhh seru bangett ke Jepang :) emang rempong banget ya kalau harus bawa perlengkapan MPASI segala. Kalau ada yang bikin mudah, ngapain dibikin susah yaa mom :)

      Hapus

Silakan Tinggalkan Komentarnya. Maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...