badge

Rabu, 24 Mei 2017

[Tips] Liburan Hemat Ke Kuala Lumpur


Kalau yang ngikutin blog traveling saya, pasti tahu ya kalau tahun lalu jadi tahun yang awesome buat saya. Awesome kenapa? Karena mimpi saya bisa ngajak anak dan suami traveling ke luar negeri terwujud. Yang bikin terharu karena semua biaya perjalanan itu saya kumpulkan dikit-dikit dari hasil ngeblog. Sungguh pencapaian yang berkesan bagi saya. 

Di saat keluarga lain bisa liburan dengan mudah, saya mah harus try harder mengumpulkan rupiah demi rupiah. Walau cuma traveling ala backpacker yang saya mampu, itu udah bikin saya bahagia luar biasa. Apalagi pas lihat anak dan suami yang baru pertama kali naik pesawat, ahh.... kayanya ngga bisa diungkapkan dengan kata-kata deh. Penasaran gimana serunya #tazfamilytrip, boleh lah mampir-mampir ke blog traveling saya *promo*

backpackeran ke kuala lumpur


Lewat post ini, saya mau berbagi gimana bisa melakukan perjalanan dengan biaya yang murah. Mungkin bermanfaat bagi yang lagi merencanakan perjalanan keluar negeri. 

Hunting Tiket Promo 

Yang namanya mau jalan-jalan hemat, pasti harus mikirin budget banget kan. Kalau perginya keluar negeri, wajib cari tiket promo. Banyak maskapai yang ngasih promo dan kita memang harus rajin hunting. Waktu saya prepare #tazfamilytrip, saya udah cari tiket sejak 7 bulan sebelum keberangkatan. Saya hunting tiket sekitar bulan Januari dan perginya bulan September.

#tazfamilytrip traveling ke Kuala Lumpurnya lewat Singapura, pulangnya baru lewat Malaysia. Saya dapat tiket KUL-JKT itu cuma 2 juta buat 5 orang. Dan saya hunting tiket pulangnya sekitar 4 bulan sebelum berangkat.

Waktu yang tepat buat cari tiket promo sih katanya malam.  Lalu, ada bulan dimana tiket pesawat ke suatu negara lebih murah. Berdasarkan pengalaman, sekitar bulan September harga tiket pesawat ke beberapa negara itu bisa murah dan murah banget. Jadi, kalau beneran niat traveling ala backpack, carilah tiket jauh-jauh hari. 

Pilih Hotel Budget Atau Hostel 

Kalau yang travelingnya sendiri atau berdua sama teman, saran saya pilih hostel buat nginepnya. Hostel lebih murah dibanding hotel karena memang kamarnya kecil dan biasanya pakai sistem dormitory alias asrama. Tapi, kalau tetep pilih hostel tapi ngga mau bareng-bareng sama traveler lain, bisa pilih yang tipe lain. Banyak juga hostel yang menyediakan tipe kamar yang lebih private, jadi sekamar bisa berdua atau sendiri. Tapi, tentu ratenya beda ya.

hotel murah di Kuala Lumpur
Hotel Buget, Tempat Kami Menginap Selama di Kuala Lumpur 
Nah, kalau ngajak anak tentu kita mesti mikirin kenyamanan mereka. Jangan sampai mereka rewel cuma gara-gara susah tidur. Hotel emang punya rate yang lumayan mahal, tapi kita tetap bisa nginep di hotel yang nyaman dengan harga yang murah. Dimana? di hotel budget. Hotel budget ini lebih murah dibanding dengan hotel bintang 4 atau 5, ya iyalah. Hotel budget ini biasanya kamarnya ngga terlalu luas. Tapi nyamannya sama lah kaya hotel lainnya.

Waktu ke Kuala Lumpur, saya pilih hotel budget di daerah Masjid Jameek. Menurut saya lokasinya strategis banget karena dekat dengan staisun kereta. Jadi, kalau mau kemana-mana gampang. Saya mulai hunting hotel di Kuala Lumpur itu sekitar 2 bulan sebelum hari H. Saya coba hunting di beberapa situs, biasanya saya bandingin harga dulu. Pilih yang paling murah. Dan, saya dapet hotel budget yang akhirnya jadi tempat saya menginap, lewat Traveloka. Seriusan, karena harganya lebih murah. Udah gitu pakai kode promo pula, tambah murah aja. Per malam, saya cuma bayar sekitar 200ribuan aja dan saya nginep selama 3 malam.

Pakai Transportasi Umum 

Salah satu cara supaya tetap hemat selama traveling, manfaatkan transportasi umum sebaik-baiknya. Di Kuala Lumpur ada Go KL yang free all the time. Bus berwarna ungu ini memang disediakan oleh pemerintah Malaysia buat mendukung pariwisata mereka. Tapi walaupun tujuannya buat turis, tetap aja banyak dipakai sama orang-orang Malaysianya. Secara gratiss gitu loh. Kita mau kemana aja, asal bisa baca rute, pasti sampe.

Selain Naik Bus, Cobain Naik Kereta Juga :) 
Ada banyak halte Go KL di Kuala Lumpur. Di setiap halte ada ko petanya, jadi ngga perlu takut nyasar. Kalau bingung, tinggal tanya warga sekitar aja. Toh, bahasa mereka kan bahasa melayu yang 11 12 sama bahasa kita.

Kalau mau nyobain transportasi yang lain, kereta recomended nih. Harga tiketnya pun berkisar antara RM 1 (jarak terdekat) sampai RM 3 (jarak terjauh). Karena Malayisa ngga punya kartu transportasi khusus turis kaya di Singapura, emang sedikit lebih boros di biaya transportasinya. Makanya saya lebih senang ajak anak-anak naik Go KL aja, gratis. Walau harus pindah-pindah bus karena menyesuaikan tujuan juga. Tapi anak-anak tetap happy. Plus ngga perlu takut ngga dapet duduk. Soalnya kalo bawa anak, pasti selalu dikasih duduk.

Makan Di Kedai (Warung) Bukan Di Mall

Makan di warung makan itu tentu lebih murah dibanding kita makan di Mall. Banyak pilihan juga. Waktu ke Kuala Lumpur, setiap makan pasti di warung-warung pinggir jalan. Biasanya saya ajak anak-anak ke restoran india, karena menunya banyak. Anak-anak suka banget makan roti canai yang makannya dicocol ke kuah kari. Sekali makan, biasanya kami cuma menghabiskan sekitar RM 10 aja.

Banyak deh warung kaki lima yang masakannya enak-enak di Kuala Lumpur. Jadi ngga perlu takut kelaparan. Banyak pilihan, lebih murah, dan enak.

The Tazakka :) 
Itu sih sebagian tips yang bisa saya bagi, ternyata udah panjang pula nulisnya :) Sebenernya ada lagi tapi nanti disambungnya di blog traveling aja yaaa. Ini semacam sekilas pandang aja, tapinya kepanjangan :p

Ada satu lagi cara gimana caranya biar bisa traveling hemat. Ini beneran baru saya tahu dan pas dihitung-hitung emang lebih murah. Penasaran? caranya, dengan pesan tiket dan hotel secara bersamaan. Gimana caranya? oke, saya kasih tahu ya.


Jadi tuh ada beberapa teman yang bilang, katanya kalau pesan tiket pesawat dan hotel satu paket di Traveloka itu bisa lebih murah. Ngga mau percaya gitu aja, akhirnya saya coba buka dong. Karena lagi ada planing ke Kuala Lumpur lagi, jadi saya coba buat hunting paket tiket hotel traveloka, satu paket.



Saya coba buka website Traveloka, klik 'What's New' di bagian atas. Lalu pilih 'Flight+Hotel'. Baru deh saya masukin tanggal, flight detail, dan hotel detail. Setelah itu, munculah banyak pilhan paket. Dan kalau saya bandingkan, emang beneran lebih murah. Untuk tiket pesawat PP plus hotel (3N4D) saya cuma harus bayar sekitar 1 juta-an aja. Murahhh kannn buibu :)



Yuk, siapa yang mau barengan ke Kuala Lumpur bareng saya :) Kan, tips hemat traveling ke Kuala Lumpur udah saya kasih tahu tuh diatas. Sekarang giliran eksekusinya. Yuuk ah kita traveling aja. Biar agak segeran gitu, ngga ketat mulu mukanya menghadapi medsos yang makin hari makin subhanallah :) Kita nonton air mancur di depan petronas aja, asik loh. Apalagi sambil ngemilin karipap sama teh tarik, 'maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan' :) 

26 komentar:

  1. sayaaa.. minat banget nih ke KL, Klien suamiku salah satunya warga KL yg sebulan sekali selalu ke jakarta, beliau menawarkan rumah mereka kalau sekiranya kami mau ke KL.. Xixixi tp kan ga enak toh ya masak liburan tinggalnya di rmh yg bkn kerabat dekat.

    nah pas banget baca ulasan di blog ini, jadi kalau nanti liburan ke KL, udah dpt bayangannya nih mau nginep dimana, makan dimana..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enak lah ka punya kenalan orang KL, jadi nanti bisa ditemani pas keliling-keliling. Jadi tour guide gitu :)

      Hapus
  2. Waaww makasiy tipsnya Uci.
    Ini berguna banget buat aku yg awam banget keluar negeri.
    Kita tahunya bln2 tersebut yg murah darimana? Sering buka atau gmn?

    Mulai nabung and searching2 ah dr sekarang..

    Btw, diatas banyak typonya tuh. Hihii.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asal rajin hunting aja sih mba, pasti suka dapet yang murah :)

      Ada typo yaa, makasih koreksinyaa :)

      Hapus
  3. Ucii ... Sekalinya travelling ke KL saya malah balik kampung. Jadi ga ketemu di JB lagi ya. Btw makasih tipsnya berguna banget. Si kk dan teteh pengen halan halan sendiri. Tips ini pasti beeguna buat mereka. Cun cayang buat the Tazakka ❤

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau si kakak sama teteh mau ke Malaysia lagi barengan lah sama aku :)

      Hapus
  4. Ucii ... Sekalinya travelling ke KL saya malah balik kampung. Jadi ga ketemu di JB lagi ya. Btw makasih tipsnya berguna banget. Si kk dan teteh pengen halan halan sendiri. Tips ini pasti beeguna buat mereka. Cun cayang buat the Tazakka ❤

    BalasHapus
  5. Alhamdulillah ya mba kalau ada budget murah untuk hotel dan tiket pesawat. Aku juga pakai Traveloka mba dan emang lebih murah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, jadi lebih murah kalau pesannya barengan :)

      Hapus
  6. Ahhhh aku mau coba deh kalo ada paketan murah gini...

    BalasHapus
  7. KL udh kayak rumah kedua buatku :).. Ga prnh bosen kesana, apalagi jaman kuliah di penang, aku jdnya srg bolak balik main ke sini pas libur :p .

    Utk tiket aku jg rutin cari yg promo mba, tp kalo penginapan memang biasanya lbh ngutamain yg strategis walo sedikit mahal.. Kalo utk transport, dulu sih aku ada langganan taxi sjk jaman kuliah, slalu pake dia kemana2. Tp bpknya baru almarhum, jdnya trakhir kesana aku kemana2 pake kartu touch n go nya ato lagi2 taxi :D.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa, ngga bosen ya main-main ke Malaysia. Aku belum sempat menjelajah ke banyak tempat. Terakhir main di shah alam sama selangor.Next, pengen juga ke penang atau melaka :)

      Hapus
  8. iya bener mba mesti kudu sabar ngumpulin rupiahnya aku juga pengen ajakin ke KL anak n suamikunmoga someday terwujud aamiin
    bwt hunting tiket murah emang kudu jeli y mba soalnya promonya ga bilang2 🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Herva kemarin ke KL sendiri yaa, semoga next bisa ngajak anak dan suami yaa. Nyari tiket promo emang kudu sabar :)

      Hapus
  9. Ngajak orang yang kita sayangi emang lebih bahagia berlipat2

    Salam kenal :)

    BalasHapus
  10. Mau atuhlah kapan2 ke Kuala Lumpur, belum pernah soalnya, pingin ngajak anak juga, thanks tipnya suci

    BalasHapus
    Balasan
    1. ajaklah si alfi ke KL dulu, sebelum ngajak ke Korea :)

      Hapus
  11. menarik tipsnya, harusnya paket promo juga tersedia buat konsumen yang pergi dadakan yah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa juga, asal sabar nyarinya :)

      Hapus
  12. Flight JKT KL sebenarnya sering banget promo, kalaupun ngak promo harganya masih murah. Aku ngak pernah berbulan bulan lamanya beli tiket sblm berangkat, apalagi kalau cuman ke KL dr JKT. Bulan april lalu aku beli tiket JKT KL hanya seharga 173rb dan belinya 2 minggu sebelum nya ��.

    Dan untuk transportasi seperti LRT, MRT dan Komuter. Walaupun tanpa kartu transportasi turis seperti di Singapore. Tetap jauh lbh murah di Malaysia. Paling jauh naik MRT dr KL sentral ke Titiwangsa (ujung ujungnya MRT nih) hanya 2.8 ringgit. Itu ngak nyampe 9000.

    Kalau Hotel, di KL banyak banget hotel budget. Yg paling strategis menurut aku di KL sentral. Karena ini benar benat mau kemana mana enak. Karena pusatnya transportasi di K, termasuk ke airport mereka di Sepang. Aku rekomendasikan My Hotel @Sentral berdua sekitar 300rb/semalam. Atau Prescot Hotel 250rb/malam dah ama sarapan. Dibawah itu masih banyak...
    Jangan khawatir kalau hotel budget di KL. Berhamburan ��
    Aku lebih suka booking di www.booking.com. Karena kalau traveloka harus bayar dulu.

    Well.. Happy traveling fir everyone. Senangnya bisa berbagi ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, terima kasiih buat tambahan informasinya ya mbaa :)

      Hapus
  13. lebih hemat memang kalau beli paket tiket+hotel harganya jauh lebih murah daripada booking terpisah

    BalasHapus
  14. wah tks tips nya. saya beberapa waktu lalu pernah ke KL dsk. pertengehanks Juli in syaa Allah akan mengajak ortu ke KL dan pengin ke Malaka. boleh kasih saran ga itin yang enak. saya dari Jumat siang s/d Senin malam jam 20.00.

    tks

    BalasHapus
  15. Aku juga baru nyoba beli paket pesawat+hotel dari Traveloka untuk liburan ke Singapura Desember nanti. Jauh lebih murah tiket pesawatnya jadinya :)

    BalasHapus

Silakan Tinggalkan Komentarnya. Maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...