badge

Kamis, 08 Juni 2017

K-Link, Bersyariah Lewat Bisnis Produk Kesehatan



Sebagai seorang muslim, kita pasti akan selalu berusaha supaya semua kegiatan yang kita lakukan, selalu dalam koridor islam. Untuk apapun yang masuk ke dalam perut, pasti kita akan memilih yang halal dan baik. Ngga bisa sembarangan makan ini itu kalau belum jelas kehalalannya. Akhirnya, memilah dan memilih itu wajib kita lakukan sebelum benar-benar mengonsumsi sesuatu.

"Baik Belum Tentu Halal, Halal Sudah Pasti Baik"

Memilih semua yang halal ngga cuma kewajiban kita sebagai muslim. Tapi, semua yang halal itu bakal berefek positif bagi tubuh kita. Jadi, yakin ya kalau Allah memerintahkan sesuatu itu pasti karena buat kebaikan kita semua. Ngga ada yang sia-sia dan percuma. So, turuti aja perintah Allah yaa.


Itu soal makanan dan minuman. Kalau buat produk kesehatan gimana? Sebenarnya sama aja kan ya. Toh, produk kesehatan itu pun bakal berinteraksi dengan tubuh kita juga. Buat yang produknya harus dimakan atau diminum, tentu kita juga harus pilih yang halal dan baik. Apalagi kan produk kesehatan itu ya buat menunjang kesehatan tubuh kita. Masa iya kita memilih yang ngga baik.

Ada yang pernah dengar K-Link? Mungkin banyak yang tahu ya karena memang udah eksis lama banget. K-Link merupakan perusahaan multilevel marketing yang menyediakan banyak sekali produk-produk kesehatan. Salah satu produknya yang paling famous adalah Chlorofil. Malah ada yang bilang 'K-Link itu Chlorophyll'. Bagi yang belum tahu produk K-Link, ternyata produknya bukan cuma Chlorophyll yang terkenal itu aja. Tapi ada 180 produk yang dipasarkan, mulai dari produk kesehatan hingga skin care.



Mengingat sekarang ini halal sudah jadi gaya hidup, K-Link pun berusaha memenuhi keingingan masyarakat soal kehalalan ini.  K-Link kan perusahaan multilevel marketing (MLM) dimana masih ada yang menganggap kalau MLM adalah haram. Ada kelompok yang mengatakan kalau bisnis MLM itu haram dan tidak boleh diikuti. Yang mengatakan haram ini mungkin melihat dari cara berbisnis dari MLM yang hanya menguntungkan para upline saja. Sedangkan para member yang ada di urutan bawah, ngga dapat untung.

Kekhawatiran itu wajar sih menurut saya. Karena yang namanya berbisnis kan harus menguntungkan kedua belah pihak. Karena kekhawatiran itulah, akhirnya K-Link memandang kalau sertifikasi syariah itu penting. Tujuannya, agar para member atau calon member yang menjalankan bisnis di K-Link itu ngga punya keraguan lagi.

Kabar baiknya, sudah sejak tahun 2010 K-Link sudah memiliki sertifikasi halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI). K-Link menganggap kalau pangsa bisnis syariah di Indoneisa sangat luas. Saya pun kalau mau beli apa-apa, harus lihat label halanya dulu. Walaupun kepengen banget, kalau ngga ada label halal ya ngga akan dibeli. Masyarakat pun sekarang sudah banyak yang concern soal kehalalan. Alhamdulillah.

Beberapa waktu yang lalu, saya dan beberapa blogger diundang buat lihat-lihat kantornya K-Link di K-Link Tower, Gatot Subroto Jakarta. Sempet kagum juga lihat towernya yang sampai 29 lantai itu dan itu milik pribadi K-Link, bukan nyewa. Saya dan teman-teman blogger diajak berkeliling melihat ada apa aja di kantor K-Link. Selain jadi kantor utama, K-Link Tower juga dijadikan tempat pertemuan para member, seminar, dan yang pasti tempat untuk mendapatkan produk-produk K-Link.

Salah Satu Sudut di K-Link House of Beauty

Kami juga diajak melihat-lihat fasilitas yang tersedia di K-Link Tower. Ada lounge eksklusif yang dijadikan tempat berkumpulnya para manager. Area loungenya ada di rooftop dan desainnya pas banget buat refreshing. Tujuannya supaya para manager yang lelah kerja, bisa lebih rileks setelah istirahat di lounge. Selain lounge yang nyaman, ada salon juga loh. Agak surprise juga pas lihat ada salon yang beneran cozy banget. Sayangnya saya ngga bisa ngerasain sensasi nyalon di K-Link House of Beauty. Jadi cuma bisa foto-foto aja.

List Harga Treatment di K-Link House of Beauty

K-Link Ramadhan Festival 1438H

Selain melihat-lihat ada apa aja di K-Link Tower, kami diajak juga buat menikmati Ramadhan Festival yang sengaja diadakan menyambut Bulan Ramadhan. Ada live music dari sebuah band yang ternyata personilnya adalah karyawan K-Link sendiri. Berbakat banget deh mereka. Main musiknya keren dan suara vokalisnya mengingatkan saya sama grup band lawas, Base Jam 😄😄 *lalu berasa tua*




Ada cooking demo dari seorang chef Riana. Chef cantik ini berbagi 3 resep yang boleh banget dicoba buat menu buka puasa. Duh, saya sampai ngiler pengen icip-icip, tapi langsung inget kalau lagi puasa. Save dulu aja resepnya, di eksekusinya sih nanti, kalau inget :)


Bersyariah Bersama K-Link

Seminar yang hanya diikuti oleh media dan blogger ini berlangsung sore hari. Jelang buka puasa, media dan blogger diajak memahami seperti apa bisnis yang sesuai syariah itu. Seminar ini pun sebagai bagian dari program sosialisasi dan edukasi tentang manfaat dan pentingnya bisnis syariah.

Jujur, awalnya saya pikir K-Link ini MLM yang sama aja kaya MLM-MLM yang lain. Menguntungan hanya bagi para upline atau orang-orang yang berada di tingkat atas. Sedangkan mereka yang ada di bawah, hanya sedikit sekali dapat keuntungan. Banyak terjadi money game dan alur bisnisnya ngga jelas. Istilahnya, yang bawah kerja keras, yang nikmati hasilnya yang di bagian atas aja, huftt.



Tapi ketika seminar dihadiri oleh Presiden Direktur PT K-Link Indonesia, Dato' DR. H. MD Radzi Saleh, pandangan tentang K-Link pun berubah. Bisnis K-Link saat ini dijalankan dengan sistem syariah yang tentu aja bikin tenang semua membernya, terutama bagi yang muslim.

Ada Dewan Pengawas Syariah dari MUI yang ikut jadi narasumber, HM Sofyan Jauhari Lc, MAg. Menurut Pak Sofyan, menurut Fatwa khusus MUI nomor 75 tahun 2009 ada 12 syarat yang harus dipenuhi saat sebuah perusahan MLM ingin mengajukan sertifikasi halal. Salah satunya harus memilki Dewan Pengawas Syariah yang memang diutus langsung oleh Dewan Syariah Nasional dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Yang namanya berbisnis kan maunya juga bikin nyaman ya. Kalau seorang muslim menjalankan bisnis yang halal dan baik, pasti usahanya bisa berkembang dan hasilnya lebih berkah.

Pa Sofyan menambahkan, kalau ngga semua MLM yang mengaku Syariah mendapatkan sertifikat. Karena banyak prosedur yang harus dilalui dan yang bertahan selama 3 tahun berturut-turut adalah K-Link. Menurut Pak Sofyan yang memiliki ruang kerja sendiri di K-Link Tower, ada alasan kenapa K-Link bisa bisa menjadi MLM Syariah yang mungkin bisa jadi solusi bagi siapa aja yang mau menjalankan bisnis.
  • Memiliki sertifikat dari Dewan Pengawas Syariah (DPS). 
  • Produknya jelas dan halal. Cocok bagi siapa saja yang concern pada produk halal. 
  • Tidak ada indikasi money games karena bisnisnya diawasi oleh DPS. 
  • Memiliki struktur bisnis yang jelas dan rapih. 
  • Tidak melakukan tindakan eksploitasi terhadap membernya. Asalkan mau bekerja keras, tentu hasilnya akan mengikuti. Dan semua akan mendapatkan penghasilan sesuai dengan kerjanya. 
Dan, dari semua syarat tersebut, K-Link sudah memenuhi semuanya. Bahkan untuk Dewan Pengawas Syariah memiliki ruangan tersendiri di K-Link Tower lantai 8. Dewan pengawas bukan karyawan K-Link melainkan utusan langsung dari MUI. Bukan juga member K-Link. Setiap hari DPS datang ke kantor untuk memantau bisnis yang dijalankan. Jadi, ngga main-main ya keseriusan K-Link dalam menjalankan bisnis syariah ini. 

Menurut Dato' Radzi yang berasal dari Malaysia, perkembangan K-Link di Indonesia cukup pesat. Hingga kini, sudah ada 2 juta member yang tersebar di seluruh Indonesia. Jumlahnya member di Indonesia malah melebihi dari Malaysia. Menurutnya, karena semangat masyarakat Indonesia lah, K-Link menjadi besar. Tipikal orang Indonesia itu semangatnya. Itu juga yang menjadikan K-Link jadi MLM Syariah yang besar dan diperhitungkan. 

K-Link Solusi Sehat

Kalau tadinya cuma tahu Chlorophyll, setelah kunjungan ke K-Link Tower jadi tahu deh, kalau ternyata K-Link punya 180 produk. Di K-Link Tower ada K-Mart dimana para member bisa mendapatkan semua produk K-Link. Belanjanya juga kaya di supermarket gitu. Tinggal bawa keranjang atau troli, ambil produk, dan bayar deh ke kasir. Ngga pake antri atau nunggu lama barangnya disiapkan.

Olive Oil 


Produk K-Link itu ada beberapa macam, makanya wajar jadi banyak banget produknya. Ada produk Makanan dan Minuman termasuk di dalamnya kopi, susu, dan multivitamin yang komposisi utamanya adalah herbal. Ada juga produk Pemelihara Kesehatan yang memiliki konsep Cleansing-Balancing-Activating-Defending sebagai konsep kesehatan. Ada produk Perawatan Tubuh yang meyediakan produk perawatan buat semua anggota keluarga. Terakhir, ada produk Penunjang lainnya yang menyediakan produk-produk dengan teknologi ramah lingkungan seperti detergent, pupuk, dan pembersih multiguna. 


K-Link Go Online 

Mengikuti tren yang apa-apa serba online dan mobile, K-Link ngga mau ketinggalan dong. Sekarang semua produk K-Link bisa didapatkan secara online. Lebih cepat dan praktis kan tanpa harus keluar rumah. Tinggal buka websitenya K-Link, pilih produk, transfer, dan produk pun sampai rumah deh.

Selain itu, kita juga bisa dapatkan info atau artikel kesehatan, info event, promo, dan banyak lagi lewat website K-Link. Atau, buat yang hobi sosmed-an bisa loh follow-follow akun sosial medianya K-Link. Siapa tahu bisa dapatin sesuatu yang berharga di sana. Atau mungkin bisa dapat inspirasi bisnis yang menguntungkan, who's knows kan 😉

Facebook 
K-Link Indonesia 

Twitter
@official_klink 

Instagram 
@klink_indonesia_official 

Website


23 komentar:

  1. Chlorophyll memang mantap banget. Kemarin nyoba susunya dan ternyata enak meski tanpa lemak. Salam hangat Uchi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak banget yang pakai chlorophyll yaa. Katanya emang terbukti menyehatkan :)

      Hapus
  2. wahh produknya udah variatif banget ya, dl sblm Klink tower ada, ktrnya dkt nih sama ktr kk ci

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekarang udah ada 180 produk dan itu banyak dan lengkap banget :)

      Hapus
  3. kirain bank & asuransi doang yg udah berlabel syariah, MLM pun ada toh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, sekarang ngga cuma bank aja yang syariah

      Hapus
  4. lengkap banget bahasannya Ci.. jadi makin jelas tentang Klink ini, terutama bedanya dengan kebanyakan MLM lainnya yg lebih ke money game..

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah, yang bikin beda antara syariah dan konvensional kan emeng dari bagaimana perusahaan itu menjalankan bisnisnya.

      Hapus
  5. Sering ke K-Link Tower, emang enak deh yang di rooftop nya hehe, bs sambil ngopi di sana. Anyway, iya ya, produk2 MLM tuh harus jelas ya, apalagi kalau produk kesehatan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya dong, taruhannya nyawa kan :)

      Hapus
  6. Wudih, Klink makin bersinar ya. Beda ama beberapa tetangga dulu yang sama di lini bisnisnya. Berarti inovasi dan kreasinya masih tajam. Bravo!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terus mengembangkan diri yaa sepertinya K-Link ini

      Hapus
  7. Aku kenapa baru tahu klink akhir-akhir ini ya hihi. Banyak banget ua produk kesehatannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Awalnya aku pun cuma tau beberapa aja sih neng, pas main ke kantornya baru tau kalau produknya banyak banget

      Hapus
  8. Kemasan olive oilnya bagus banget. Skr design2 produknya leboh eksklusif ya Ka Uci.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, makin berasa kalo beli produknya :)

      Hapus
  9. Aku baru denger nih K-Link..

    BalasHapus
  10. salut buat K-Link yang inovatif dan punya konsep syariah jadi bisa dirasakan manfaat bisnis atau produknya semua masyarakat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dan yang mengkonsumsi pun jadinya lebih tenang yaa :)

      Hapus
  11. Wow...keren baru tahu nih Uchi kalo K-link punya banyak produk karena yang famous en hits ya Chlorofil Itu. Aku pake loh.Thanks untuk artikel yang bermanfaat ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, pelanggan nih kayanya. Terbukti manfaatnya ya ka :)

      Hapus
  12. K-link clhorophill gak ad label halal di kemasanny?

    BalasHapus

Silakan Tinggalkan Komentarnya. Maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...