badge

Selasa, 13 Juni 2017

Ngabuburit Bareng Anak Dengan Kegiatan Edukatif



Puasanya udah masuk di 10 hari terakhir, makin dekat aja ke Hari Raya. Buibu udah beli baju lebaran buat anak-anaknya? Udah sipain bahan buat bikin kue juga kah? Hmm, kalau saya sendiri malah belum siap apa-apa. Baju lebaran buat anak-anak pun sama sekali belum beli. Alhamdulillah, anak-anak ngga merengek minta baju baru. Jadi ya saya santai aja. 

Tahun ini, si kecil Una udah ikut puasa. Tambah seru dan rame aja momen Ramadhan tahun ini. Saya dan suami ngga pernah maksa Una buat puasa. Di usianya yang masih 4 tahun, kewajiban puasa tentu belum ada. Tapi anakknya keukeuh (maksa) mau puasa. Dia bilang kalau dia sanggup buat ngga makan dan minum seharian. Ya, karena dianya maksa akhirnya saya mengiyakan waktu dia minta dibangunin sahur. Una puasanya masih setengah hari, setelah buka lalu lanjut lagi sampai maghrib.

Masjid Raya Baitussalam Billy Moon

Sampai sekarang, puasa Una belum ada yang bolong. Udah ada 3 kali, una puasanya full sampai maghrib, tanpa buka di siang harinya. Saya dan suami sempet amaze deh pas tahu dia mampu bertahan sampai maghrib. Ya walau ada merengek-merengeknya, tapi itu bisa diatasi dengan sangat mudah. Cukup digendong sama abinya, diciumin, diem dehh.

Kalau jelang buka puasa, biasanya buibu ngajak anak-anak ngapain aja? Biasanya sih jalan-jalan cari menu buka puasa ya kan. Jalan-jalan jelang buka puasa atau istilahnya ngabuburit ini emang kegiatan yang asik dan bikin anak seneng. Selain ngabuburit keluar, bisa juga loh ajak anak masak menu buka puasa bareng. Selain ngajarin anak buat kenal sama bahan-bahan masakan, bonding antara ibu dan anak pun bisa makin kuat. 

Di keluarga saya, kalau akhir pekan dan pas abinya libur, saya dan suami punya agenda buat ngajak anak-anak buka puasa di luar. Biasanya kami akan keliling buat cari masjid. Bawa bekal buka puasa dari rumah kaya kurma, roti, teh, dan air minum. Berdiam di masjid sampai waktu buka puasa. Ngajarin anak-anak juga supaya cinta masjid.

Kaya akhir pekan lalu, saya ajak anak-anak ke Masjid Baitussalam di Perumahan Billy & Moon, Pondok Kelapa, Jakarta. Jaraknya ngga begitu jauh, cuma sekitar 20 menit dari rumah. Selain memang agenda rutin kami di akhir pekan, ke masjid Baitussalam juga sebenarnya buat ikutan keseruan bareng Lotte Choco Pie dan para emak blogger. 




Pas sampai di Masjid Baitussalam, belum banyak yang datang. Jadi sambil nunggu yang lain, kami shalat dzuhur dan istirahat di dalam masjid. Adeeem banget ya di dalam masjid itu. Apalagi masjidnya semi terbuka, jadi banyak udara yang masuk. Anak-anak sama abinya istirahat sambil tiawah. Mumpung di masjid dan suasananya adem banget. 

Ngabuburit Edukatif

Saat saya woro-woro ke anak-anak kalau akhir pekan nanti mau ke acaranya Lotte Choco Pie, mereka udah excited banget. Si abang sampai nandain di kalender, takut bundanya kelupaan.

Acara yang memang diadakan buat menyambut bulan suci Ramadhan ini, punya banyak kegiatan. Dan, kegiatannya melibatkan anak-anak. Jadi sambil nunggu buka puasa, mereka diajak main-main supaya ngga berasa puasanya

Una ikutan lomba menyusun puzzle, trus girang karena dapet Lotte Choco Pie. Dipegangin aja tuh choco pienya, katanya buat buka puasa. Amazenya nih, pas di acara ini una puasa full. Ngga buka di dzuhur, tapi langsung di maghrib. Mungkin karena suasannya juga jadi dia ngga inget buat minta buka.

Selain main puzzle, anak-anak juga diajak buat ikutan pastry class. Ada chef Nanda yang ngajarin cara bikin dessert yang pas buat buka puasa. Setelah itu, anak-anak diminta buat bikin kreasi dari Lotte Choco Pie. Tiap anak dikasih fondan buat berkreasi. Udah bayangin betapa absurdnya kreasi mereka nanti. Namanya kan anak-anak, kadang maksud dari kreasinya cuma dia dan Tuhan yang tahu 😁😁



Yang ikutan pastry class adalah kakak. Sebenarnya una ngambek karena ngga diajak. Tapi pas saya bilang boleh lihat di samping kaka, akhirnya reda juga ngambeknya. Terusnya, jadi dia yang repot nyuruh-nyuruh si kakaa -_____- saking keselnya, si kakak bilang 'aku juga bisa dek.. diem aja napa' terusnya si adek ngambek lagi.

Bahagia Bisa Mainan Fondant

Selain kakak yang ikutan menghias Lotte Choco Pie, bundanya ngga mau kalah juga dong. Ada lomba menghias Lotte Choco Pie juga buat anak dan bundanya. Dan yang kebagian buat nemenin saya adalah Una. Dia seneng banget karena akhirnya bisa mainan fondant. Ya, walau akhirnya kami ngga menang, tapi udah terhibur banget. Karena, anak-anak bisa berkreasi sesuka hati mereka. Udah gitu, kreasi yang dibuat bisa dibawa buat buka puasa. Asik kan.

Share The Happiness

Selain pastry class, Lotte Choco Pie juga mengajak anak-anak yang hadir buat ikutan sesi tausyiah dan dongeng. Ada ustadz Wildan yang kasih taujih soal keutamaan bulan Ramadhan dan puasa. Disampaikan dengan cara yang ngga bosenin buat anak-anak. Ada Ka Muis dan bonekanya juga yang ikutan kasih cerita-cerita seru. Anak-anak yang hadir jadinya semangat lagi setelah capek ikutan pastry class.



Ngga cuma anak-anak dari emak blogger aja yang ikutan dengerin ceramah dari Ka Wildan. Ada sekitar 50 anak-anak yatim piatu yang juga ikutan hadir. Jadi, Lotte Choco Pie juga juga memberikan santunan kepada adik-adik dari panti asuhan. Bulan Ramadhan kan memang momen yang pas banget buat berbagi ya. Adik-adik dari panti asuhan dapat paket perlengkapan sekolah, uang, dan makanan berbuka puasa.



Berbagi kebahagiaan ternyata bisa bikin hati tuh senang banget ya. Lihat wajah anak-anak dari panti asuhan yang seneng banget dapet bingkisan dari Lotte Choco Pie, jadi ikutan senang juga.

Di momen ini, jadi kesempatan buat saya mengajarkan anak-anak tentang esensi berbagi. Bahwa setiap rezeki yang kita miliki selalu ada hak buat orang-orang yang membutuhkan. Ya, walau mereka belum paham banget maksudnya, yang penting kita ngga boleh berhenti kasih tahu. Pelan-pelan ngajarin anak tentang keutamaan sedekah dan coba untuk selalu kasih contoh.



Together More 

Apa momen Ramadhan buibu yang paling berkesan sama anak? Mungkin pas ngabuburit cari makanan buka puasa, bikin makanan buka puasa di dapur bareng anak, atau berbagi takjil di jalanan. Apapun momennya, kalau dilakukan bareng-bareng gitu pasti berkesan yaa.

Nah, kalau punya momen berkesan selama Ramadhan, ikutan kompetisi foto dari Lotte Choco Pie yuk buibu. Capture momen 'Together More' antara ibu dan anak pas bulan Ramadhan. Lalu, upload fotonya ke akun Facebook dan Instagram. Buat info lebih jelasnya, sila kunjungi micrositenya di http://ramadantogether.lottechocopieindonesia.com atau bisa lihat di akun sosial medianya Lotte Choco Pie.

Facebook Lotte Choco Pie Indonesia
Instagram @lottechocopie.id


Hadiah utama dari kompetisi foto ini adalah paket family trip ke Bali, meet up bareng Carrisa Putri dan banyak hadiah lainnya. Seru yaa. Mau juga aah ikutan, siapa tahu bisa ke Bali gratis. Yuk, ikutan juga.






34 komentar:

  1. Ayyas juga senang banget nih mba bisa datang ke acara LOtte Choco Pie dan mengikuti aneka permainan edukatif :)
    Mau ah pose buat ikut lomba. Sapa tau dapat hadiah ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama, anak-anakku juga seneng banget bisa ikutan. Sampai sekarang masih aja diomongin.

      Hapus
  2. Aih acaranya asik banget neh, anak-anak pasti happy banget neh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, happy banget. Mereka sampai lupa kalo lagi puasa.

      Hapus
  3. Ini acara pasti bikin anak seneng banget

    BalasHapus
  4. Wahhh Una aku makin padamu, pinter banget sih 4 tahun sudah puasa bisa sampai full pula. Hahaha lucu banget deh pas nemenin kakaknya ikutan pastry class. Kamu tuh ya maunya ikutaaaannn aja xixiixi. Sudah gitu deket pulacuma 20 menit sampai rumah, makin seru aja nih ngabuburit barengnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, rumah kami kan emang deket kakak. Alhamdulillah bisa ikutan semuanya.

      Hapus
  5. Una kerennn ... Alhamdulillah ya ❤ lebaran mudik ke Bogor yaaa main sama dede saki hehhe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Insya Allah Ummi, pengen nengokin dede saki lagi deh :)

      Hapus
  6. Una kerennn ... Alhamdulillah ya ❤ lebaran mudik ke Bogor yaaa main sama dede saki hehhe

    BalasHapus
  7. Seru sekali acaranya :D pastilah Una senang yaaa... Ketawa di bagian "hanya dia dan Tuhan yang yau" heheheeee.. tapi lucu lho hasilnya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, kalo anak-anak lagi bikin sesuatu sebenarnya emang cuma mereka yang ngerti maksudnya apa.

      Hapus
  8. Una cantik pinter banget ya puasanya, apalagi terhibur sama acara2 yang seru makin lupa lapar hausnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Smapai lupa minta buka puasa pas dzuhur saking keasikan main.

      Hapus
  9. Wah udah lama ngak ketemu una, udah gede yah Insha Allah puasanya lancar. Btw jadi mupeng pingin ikutan kompetisi foto hehehe...makasih infonya mak suci.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuuk ikutan, masih ada waktu nih kak.

      Hapus
  10. Tantangan banget ya jelang buka puasa itu. Biasanya aku ajak anak2 bantu siapin menu buka. Saya masak mereka bantuin. Lumayanlah mengurangi cranky :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, apalagi jelang buka puasa. Itu saat rawan banget :) bundanya harus ekstra sabar.

      Hapus
  11. Setelah ikutan ngabuburit bareng Lotte Choco Pie aku jadi terinspirasi bikin kegiata edukatif sama Darell jelang berbuka

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, keren nih jadi terinspirasi. Jadi ngga cuma di depan tivi nunggu adzan yaa aie :)

      Hapus
  12. Seandainya dekat dari rumah aku mau banget ajak anak-anak ke acara edukatif ini. Udah kebayang serunya apalagi ada lotte cocopie hhmmm

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seru banget. Ikutan bikin kreasi aja bun, trus foto dan ikutan kompetisinya. Siapa tahu bisa ke bali gratis :)

      Hapus
  13. Seruuu banget mbak acaranya. Sayang kayanya nggak ngadain di jogja ih bikin iri deh ehehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga tim Lotte choco pie baca ini, jadi nanti diadain juga di jogja :)

      Hapus
  14. Una kecil-kecil semangat gitu puasanya.
    Acaranya ngabuburit Lotte Choco Pie ini juga bisa jadi penuemangat anak-anak rajin puasa nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sayang yaa teteh rasi ngga ikutan. Padahal seru loh :)

      Hapus
  15. Ikutan acara bareng LCP selalu bikin nagih anak-anak neh

    BalasHapus
  16. Wkwkwk dek kamu lucu bangettt ih, nanti di rumah bikin ya sama Mama biar ga rebutan lagi sama kakak :D

    BalasHapus
  17. Una pinter banget latihan puasanyaaa, tahun depan semoga bisa full setiap hari yaaa sayaang

    BalasHapus
  18. Acara Lotte choco pie kenapa seru-seru banget ya ����

    BalasHapus
  19. Tahun depan semoga masih ada event begini ya

    BalasHapus
  20. Wah Una dan Kakak kompak ya menghias kue. Kalau ada lomba foto sapa tau bisa ikut nih

    BalasHapus
  21. Seru banget acaranya, di surabaya juga diadain nggak ya?

    BalasHapus

Silakan Tinggalkan Komentarnya. Maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...