badge

Rabu, 11 September 2019

Asah Empati Anak Lewat Fun Games Di Bebeland


Untuk bisa melihat anak sigap membantu temannya yang kesusahan itu butuh latihan. Maksudnya, rasa empati pada anak itu ngga bisa tumbuh dengan sendirinya. Perlu stimulasi yang terus menerus. Orangtua yang punya peran buat kasih stimulasi itu pada anak. Itu sih kalau pengen anaknya memiliki jiwa sosial, kalau ngga ya sudah.



Gimana menstimulasinya? Kalau saya pribadi, melatih anak-anak dengan meminta bantuan mereka kalau saya kerepotan. Misalnya saja meminta bantuan mereka merapihkan kamar, meletakkan piring kotor pada tempatnya, atau menjaga adik bayi sementara saya mandi. Oh iya, jangan pernah lupa untuk mengatakan 'tolong bunda ya......' dengan sering mengatakan itu, anak ngga hanya merasa dibutuhkan, tapi mereka juga akan merasa dihargai. 

Yang paling seru, kita bisa asah empati anak lewat permainan atau games edukatif. Buat satu 'masalah' lalu minta anak untuk mencari 'solusi' dari masalah tersebut. Misalnya saja dengan membuat percakapan 'jika ada teman yang tidak bawa bekal, kamu akan apa?' nah, biarkan mereka mecerna dan mencari jawaban. Kalau jawabannya ngga sesuai dengan apa yang kita inginkan, jangan lantas ngga setuju. Biarkan saja dulu. Pelan-pelan kita kasih tau, kalau masalah seperti ini, kita harus begini.



Masih banyak permainan yang bisa kita jadikan stimulasi untuk mengasah empati anak. Kalau hasilnya ngga langsung keliatan pada anak, ya jangan merasa gagal dulu. Karena stimulasi kan perlu dilakukan berulang. 

Minggu lalu, saya ajak Una dan Kakak main ke Bebeland di Summarecon Mall Bekasi (SMB). Bukan sekadar main aja sih, tapi mereka tuh main dengan konsep 'masalah-solusi'. Seru banget, deh. Sampai ngga pada mau pulang dari Bebeland. Ada 3 area Bebeland yaitu BebeTown, BebeForest, dan BebeSea. Masing-masing area punya 5 permainan yang bisa dimainkan sama anak. 

Semua permainannya simple tapi bermakna gitu. Anak dihadapakan dengan satu masalah, kemudian mereka diminta untuk cari jalan keluar. Semua permainan yang dihadirkan sudah direview oleh psikolog anak Roslina Verauli. Jadi, memang seluruh permainan yang ada ngga sekadar buat happy-happy aja, namun ada pelajarannya.



Buat contekan kita melatih empati anak, berikut beberapa permainan di Bebeland yang berhasil diselesaikan sama Una. 
  • Light The City. Menghidupkan listrik di kota dengan cara mengayuh sepeda. Kayuhan sepeda mengandung energi yang akhirnya bisa menyalakan kembali listrik yang padam. 
  • Move The Log. Mengangkat dan memindahkan kayu yang menghalangi jalan dengan mobil pengangkut
  • Save The Animal. Membawa binatang yang sedang sakit ke klinik untuk mendapatkan pengobatan dari dokter 
  • Rescue The Cat. Menyelamatkan kucing yang terjebak di atas rumah. 
  • Feed The Animals. Memberikan makan binatang yang kelaparan. 
  • Save The Forest. Menyelamatkan hutan yang kekeringan
  • Fix The Bridge. Memperbaiki jembatan 
  • Helping Friends. Menolong teman yang tersesat di pulau 
  • Preserve The Turtle. Menyelamatkan kura-kura dan mengembalikannya ke laut
  • Coral Savior. Menyelamatkan terumbu karang
  • Clean The Ocean. Membersihkan laut dari sampah
Total ada 15 permainan di Bebeland. Karena sudah capek, jadi ngga semua permainan bisa diselesaikan sama Una. 




Bebeland dari Bebelac ini tiap tahunnya punya konsep dan tema yang berbeda. Sebelumnya saya dan anak-anak pernah ke Bebeland juga yang konsepnya BebeHero. Waktu itu sih acaranya di Kota Kasablanka. Nah, yang tahun ini Alhamdulillah Bebelandnya mampir ke Bekasi. Jadi lebih dekat sama rumah. 

Melatih Empati Anak Sejak Dini 


As I tell you, bahwa melatih empati anak itu perlu stimulasi. Itu menjadi sangat penting agar ketika anak tumbuh dewasa, dia menjadi pribadi yang memiliki pro-sosial yang tinggi. Ngga menjadi anak yang antipati dan ngga peduli dengan apa yang terjadi di sekelilingnya. 

Bebeland dihadirkan oleh Bebelac untuk mendukung orangtua dalam mengajarkan empati pada anak. Mereka ada loh yang ngga sadar, kalau sebenarnya mereka lagi dilatih soal empati. Karena semuanya itu dikemas dalam bentuk permainan yang fun. Jadi, si anak mah menganggap ya lagi main aja.



Jika di rumah, ada sesuatu yang memang bisa dikerjakan oleh anak, coba deh kasih kesempatan mereka buat melakukannya. Misalnya aja nyapu. Walau keliatan masih ngga bersih, ya ngga papa. Kalau terbiasa, nantinya mereka bakal tahu gimana caranya nyapu yang bersih. Kalau ngga dilatih, ya ngga akan bisa kan. Terkadang kita suka ngga percaya sama anak. Menaggap mereka ngga mampu atau belum bisa melakukan ini itu. Anggapan seperti itu kalau terus dibiarkan, maka anak kita malah ngga bisa apa-apa. 

Konsep permainan yang ada di Bebeland itu memang fun, tapi tetap ada pelajaran yang bisa diambil. Bisa banget nanti dipraktekin di rumah sama anak. Oh iya, Bebeland ini nanti bakal menyambangi kota-kota lain loh. Yang terdekat, Bebeland bakal hadir di Surabaya dan Medan. So, buibu yang tinggal di dua kota itu siap-siap yaa.



Punya anak pintar itu membahagiakan, tapi akan membanggkan kalau mereka bisa tumbuh menjadi anak yang memiliki empati. Peduli pada lingkungan sekitar, mampu berbesar hati, dan punya pro sosial yang tinggi. Semuanya bisa kita dapatkan lewat stimulasi yang berkelanjutan. Jadi, jangan pernah bosan ya untuk mengajarkan anak soal peduli. 








Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan Tinggalkan Komentarnya. Maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...