badge

Kamis, 14 Mei 2015

House of So Klin : 3 Dasawarsa Menemani Keluarga Indonesia



30 tahun bukan waktu yang singkat. Telah banyak yang dilalui So Klin hingga kini menjadi pilihan keluarga Indonesia. 30 tahun menemani keluarga Indonesia dengan rangkaian produk terbaik. Bisa kita lihat sekarang begitu banyak varian So Klin yang kini mendominasi supermarket, warung dan toko.



Merayakan 30 tahun, So Klin menggelar acara bertajuk House of So Klin yang diadakan di Pacific Place, Jakarta. Dengan dominasi warna biru dan putih, So Klin seakan mengajak pengunjung dan para konsumen setia So Klin untuk ikut merayakan kemeriahan acara.

Dalam acara ini, So Klin juga mendatangkan para Brand Ambassador dari masa ke masa. Titiek Puspa yang menjadi bintang iklan So Klin pada era 90an yang famous dengan taglinenya "So Klin is the best". Kemudian ada Indi Barens dan Rina Nose yang juga menjadi Brand Ambassador saat ini. Ketiganya menjadi bintang tamu dalam acara talkshow perjalanan So Klin dari selama 3 dasawarsa.

Bincang So Klin Bersama Brand Ambassador (dok.pribadi)

Talkshow ini digelar khusus untuk para jurnalis dan blogger yang sengaja diundang oleh So Klin. Ketiga brand ambasador So Klin menceritakan kembali perjalanan mereka sebagai ikon produk So Klin. Eyang Titiek (sapaan akrab Titiek Puspa) mengaku sebelum dipilih sebagai model iklan, beliau memang sudah menggunakan produk So Klin dan sangat puas dengan hasilnya. Hingga saat diminta untuk membintangi iklan So Klin, Eyang Titiek menerima karena memang telah memiliki pengalaman menggunakan produknya. Indi Barens dan Rina Nose pun ikut bercerita bagaimana So Klin sangat berpengaruh di rumah mereka.

Jurnalis dan Blogger Mengikuti Talkshow dan Press Conference (dok.pribadi)

Di akhir acara, Aristo Kristandyo selaku Group Head of Marketing Communication memberikan tanda kasih kepada ketiga Brand Ambassador So Klin. Tanda kasih yang diberikan menandakan bahwa ada ikatan yang kuat antara perusahaan dan ikon produk.

Tanda Kasih Bagi Brand Ambassador So Klin (dok.pribadi)

Perjalanan 3 Dasawarsa So Klin

So Klin Dari Masa ke Masa (dok.pribadi)

Sebagai produk rumah tangga, So Klin memang memiliki banyak pesaing. Dan banyak produk serupa yang juga mengisi pasar. Namun, dengan inovasi-inovasi kreatif yang selalu dilakukan, So Klin terbukti tetap eksis dan menjadi pilihan keluarga Indonesia. 

So Klin merupakan produk dari Wings yang dikenal sebagai perusahaan penghasil produk-produk rumah tangga. Memiliki kantor di Jakarta dan Surabaya, perusahaan yang didirikan tahun 1949 ini awalnya bernama Fa Wings. Kemudian, pada 1991 berubah menjadi PT. Wings Surya (Surabaya) dan PT. Sayap Mas Utama (Jakarta).

Awalnya So Klin lebih dikenal dengan detergent bubuk yang memiliki 3 keunggulan yaitu membersihkan pakaian dari kotoran, menjaga serat kain, dan menjaga warna pakaian tetap cerah. Seiring berjalannya waktu,, Wings terus melakukan inovasi dan kemudian menciptakan detergent dengan formula "anti bacterial" yang dapat membunuh kuman dan bakteri pada pakaian. Hingga munculah So Klin Higinis dengan kandungan TCC dan Triclosan.

Tahun 2003, So Klin mulai melakukan terbosan dengan membuat packing development yang lebih ekonomis. So Klin hadir dalam kemasan sachet yang lebih praktis dengan nama So Klin MB. MB sendiri diartikan dengan Mutu Bagus, Mencuci Bersih, Mencuci Banyak.

Seiring respon pasar yang baik, So Klin terus melakukan beragam inovasi. Kemudian munculah beberapa variann detergent yang disesuaikan dengan target pasar. So Klin Smart, untuk para ibu smart. So Klin Bio Matic yang ramah lingkungan khusus untuk mesin cuci guna mendukung gaya hidup praktis. So Klin Softergent yang menggabungkan antara detergent, pewangi dan pelembut dalam satu kemasan.

Joanna selaku Product Manager So Klin pada jumpa pers di Atrium Laguna, Central Park mengatakan bahwa pertumbuhan detergent bubuk di Indonesia mencapai 7,40% dalam 2 tahun terakhir. Sedangkan untuk liquid, mencapai 40,78%. Oleh karena itu, untuk menanggapai respon pasar pada detergent cair, So Klin kembali melakukan inovasi dengan meluncurkan produk So Klin Liquid yang mudah larut, mudah dibilas, dan memiliki keharuman yang tahan lama.

So Klin Liquid (soklindetergent.com)

Hingga saat ini, So Klin masih terus melakukan berbagai inovasi melalui produk-produk berkualitas. Keunggulan So Klin terbukti dengan diekspornya So Klin ke berbagai negara di Asia Pasifik, Amerika Latin dan Afrika.

Saat ini So Klin bukan hanya dikenal sebagai detergent saja, namun So Klin juga dikenal dengan rangkaian produknya yang lain. Seperti; So Klin Pewangi, So Klin Softener, So Klin Pemutih, So Klin Rapika, dan So Klin Fresly

Produk So Klin 


Rezeki Dari So Klin

Saya sendiri telah mengenal So Klin sejak kecil. Dulu, Mama sering meminta saya membelikan detergent ini di warung dekat rumah. Mama memang telah menjadi konsumen setia So Klin. Pernah satu kali, Mama mengganti detergent dengan merk lain, apa yang terjadi? Mama tidak puas sama sekali dengan hasilnya. Pakaian yang dicuci tidak sebersih ketika menggunakan So Klin. Akhirnya Mama kembali dengan detergent kesayangannya, So Klin.

Pengalaman yang paling berkesan dengan So Klin adalah saat Mama mendapatkan rezeki tak terduga dari So Klin. Mama adalah ibu yang sangat hobi mengumpulkan bekas kemasan. Biasanya Mama mengumpulkan bekas kemasan kopi dan detergent. Saat itu saya bertanya, kenapa repot-repot mengumpulkan sampah. Mama hanya bilang, siapa tahu ada hadiahnya.

Dan benar saja, sekitar awal tahun 2000an, So Klin mengadakan undian berhadiah. Caranya dengan mengirimkan bungkus kosong So Klin. Hadiahnya uang belanja selama 1 tahun. Mama sangat antusias dengan undian itu. Lalu, Mama mulai mengirimkan semua bungkus kosong So Klin. Saya mendapatkan tugas membawa bungkus-bungkus kosong yang sudah dimasukkan ke dalam amplop itu ke kantor pos.

Saya tidak ingat berapa jumlah amplop yang saya kirimkan, yang jelas sangat banyak. Hingga saatnya pengumuman, nama Mama tertera sebagai salah satu pemenang yang berhak mendapatkan uang belanja 1 Juta per bulan selama 1 tahun. Saya melihat wajah Mama yang senang saat melihat pengumuman itu. Saya juga ikut senang, siapa yang tidak bahagia dengan hadiah sebesar itu. Dengan uang hadiah itu, Mama bisa membeli perabot rumah tangga yang ia inginkan.

Kini setelah saya berkeluarga, saya masih menggunakan So Klin. Bagi saya, So Klin itu melegenda. Karena telah digunakan sejak saya kecil dan memang So Klin is always the best.


[Risalah Husna]














Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silakan Tinggalkan Komentarnya. Maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...