badge

Minggu, 01 April 2018

'Boleh Gantian Duduknya?"



Satu hari, lagi kepengen banget makan seblak di dekat rumah. Kebetulan ada kedai seblak yang ngga cuma enak seblaknya, tapi tempatnya cozy juga. Ditambah fasilitas wi-fi yang wusss wusss. Makin betah aja dong lama-lama di kedai ini. Modal 17 ribu buat makan seblak udah plus minum, bisa puasss internetan. Terutama buat para fakir kuota yang doyan nyari wifi gratisan.



Pas sampe kedai seblak, penuh dong. Secara datangnya malam, dimana kalau malam emang selalu penuh deh tuh kedainya. Ada remaja yang kalau saya lihat di mejanya, udah selesai lah makannya. Saya tungguin lah di dekat tuh anak. Berharap mereka pada nyadar terus segera bangkit dari duduk. Oke, 5 menit ngga ada tanda-tanda mereka mau pergi. Malah tambah syahdu dan makin nunduk aja tuh.  Kedai pun tambah penuh aja sama yang datang. Sampai ada yang berdiri di luar, nunggu yang udahan makan. 

Karena saya pilih yang bagian lesehan, saya coba duduk di pinggiran. Sambil sesekali saya lihat mereka, sambil kembali berharap mereka mau SADAR dan BANGUN terus PULANG dah. Tapi, mereka ngga bangun-bangun donggg. Suami udah agak ngga nyaman dan ngajak pulang aja. Tapi kan saya lagi beneran pengen makan seblak. Jadi ngga luluh lah walau suami ngajak pulang. 

Akhirnya saya emosi, tapi tetap berusaha tenang dan bilang 

"boleh gantian duduknya?" 

Saya menatap tajam mereka yang masih asik main hape. Mereka agak sinis juga natap saya. Karena ngga mau kalah, saya pelototin balik. Akhirnya, mereka dengan agak malas dan terpaksa, bangun dari duduk.

Etika Berada di Tempat Umum, Mudah Aja Asal Mau


Sebenarnya, masalah ini tuh masalah simpel yang kadang kurang peka buat disadari. Yang namanya tempat umum, so jadi milik umum juga dong. Kaya makan di tempat umum gitu. Restoran, kedai, kafe, rumah makan, or name it dimana harusnya kita sadar kalau tempat itu bukan punya kita. Ada hak orang lain juga buat pakai.

Banyak waitress yang mungkin ngga enak kalau nyuruh kita segera pergi kalau udah selesai makan atau minum. Harusnya kita yang sadar diri. Kalau dirasa urusan perut kita udah tuntas dipenuhi, bisa dong ya segera keluar.

Saya jadi ingat waktu traveling ke Hongkong beberapa bulan yang lalu. Kasusnya mirip sih tapi lebih pada diskriminasi dan etika. Jadi, saya dan teman-teman BMI datang ke sebuah resto. Kami udah pesan tempat dan diiyakan oleh waitress untuk disipakan. Karena kondisi resto sangat penuh, jadi kami memang harus nunggu. Setelah ada yang kosong, kami buru-buru mendekati meja yang harusnya jadi tempat kami.

Then apa? tiba-tiba ada serombongan anak sekolah plus gurunya yang sepertinya lagi study tour gitu, langsung dong nempatin meja yang harusnya jadi milik saya dan teman-teman. Waitress lain (bukan waitres yang menerima bookingan kami) malah mempersilakan rombongan itu buat menempati tempat kami. Kesel? bangett.

Salah seorang teman BMI saya marah-marah. Ini diskriminasi dan yang paling nyebelin, si rombongan itu tanpa bersalah nyerobot antrian. Oh, manusia.

Teman saya marah dan dia mengaitkan masalah ini karena kami adalah minoritas. Di Hongkong masih banyak terjadi diskriminasi terhadap muslim, lebih-lebih kalau berjilbab. Ada sih muslim Hongkong, tapi jumlahnya sangat sedikit sekali.

Akhirnya, kami harus mencari restoran baru untuk makan malam. Sepanjang jalan yang dingin, teman-teman saya itu menggerutu dan marah-marah. Siapa yang ngga kesel coba digituin. Masih jaman yaa diskriminasi segala.

Jangan lah nyerobot-nyerobot antrian kaya gitu ya. Walau masyarakat kita masih susah banget kalau urusan antri-mengantri, tapi saya yakin bisa kalau dibiasakan. Minimal dari diri dan keluarga kita sendiri.

Please Aware Dengan Keadaan Sekitar


Jadi, kalau dirasa urusan makan udah beres ya udahlah pergi dari resto itu. Lebih-lebih lagi kalau kondisinya banyak yang ngantri diluar. Coba pakai sedikit empatinya buat ngga ngobrol sesudah makan. Kalau masih mau ngobrol, bisa cari tempat lain atau sekalian aja pulang dan bisa ngobrol di rumah.

Kalau alasan ngga mau pergi dari resto itu karena kamu bayar makanan, so apa bedanya sama yang mau makan. Mereka juga kan mau beli makanan. Bisa jadi lebih banyak dari apa yang kamu makan. Jadi, berhenti buat pentingin diri sendiri dan jadi ngga peduli dengan sekitar.

Kalau ngobrolin kerjaan which is pasti butuh waktu lama gimana? Menurut saya, better cari tempat yang ngga terlalu rame. Coffee Shop yang pas lagi ngga banyak orang bisa jadi pilihan. Menu di coffee shop itu kan biasanya sebatas kopi, teh, dan cemilan aja. Bisa lah stay sejam dua jam aja. Tapi jangan lupa tuh re-order kopi atau cemilan. Jangan mau ngobrol enak berjam-jam tapi cuma jajan 25 ribu doang, pake promo Line pula #ehh.

Kalau mau lebih bebas dan nyaman lagi ngobrol-ngobrol soal kerjaan, bisa loh sewa coworking space. Sekarang kan udah banyak banget coworking space yang bisa disewa jam-jaman pula. Malah ada yang ngasih free-flow drink gitu. Jadi, kalau mau santai dan bebas ngobrolin kerjaan tanpa dipelototin orang, bisa pakai ruang kerja kekinian itu. Harga sewa harian coworking space, sama nilai project yang lagi dibahas ngga seberapa lahh. Ngeluarin uang puluhan ribu demi project belasa juta gitu, masa iya ngga mau. Hemat boleh, pelit jangan.

Empati Itu Diasah, Biar Tajam


Jadi, etika makan di tempat umum kaya restaurant gitu yaa mesti dijaga ya. Aware lah sama orang-orang yang pengen makan di situ juga. Kalau emang udah selesai makan, ya udah keluar aja. Jangan sengaja dilama-lamain karena manfaatin wi-fi gratisan. Apalagi dijadiin kesempatan buat unduh apps ini itu, mumpung gratisan. Duh, mental gratisan tolong dong disirnakan aja dari diri kita.

Satu lagi. Jangan lupa, setelah makan biasakan untuk #tumpuktengah piring dan alat makan lain. Rapikan meja dari sisa-sisa nasi atau makanan yang berserakan. Meringankan kerja waitress itu baik loh. Kalau meja yang kita tempati udah bersih, orang selanjutnya ya mau makan di situ kan tinggal duduk. Membersihkan bekas makan itu mencerminkan siapa diri kita juga. Biasa berantakan kalau makan, udah gitu mau bersihin lagi setelah makan, ya begitulah diri kita. Berantakan, susah diatur, ngga pedulian, dan egois.

Asah terus empati, biar makin tajam. Jadi saat melihat sesuatu yang ngga sesuai, kita bisa tergerak. Semoga teman-teman saya ngga ada yang tumpul empatinya. Ngga ada yang sengaja menutup mata ketika ada antrian panjang di restaurant tempat dia makan. Insya Allah, teman-teman saya adalah teman-teman yang baik.

6 komentar:

  1. Aku membiasakan maksimal 10 menit di resto yang lagi penuh. Kasian kan kalo ngeliat yang antre atau udah laper banget tapi gabisa duduk karena penuh.
    Tapi, nggak usah jauh-jauh ke resto deh. Di mall Jepang yang ngehits itu, foodcourt selalu penuh dan orangnya egois-egois. Ada yang janjian ketemuan di food court, mereka gak makan cuma ngobrol aja. Kampret banget! Sampe ada ibu2 bawa bayi aja akhirnya mengalah karena keberisikan sama mereka. Menurutku ini etika juga, kudu sadar ada siapa aja di situ kan ya.
    Nice story kak!

    BalasHapus
  2. Wah aku tertohok di bagian promo Line ahahaha... tapi aku juga selalu berusaha aware sih, kalo udah selesai makan dan banyak yg antri mau makan juga, langsung cuss aja pindah nongkrong di tempat lain yang ngga rame. Jengah juga kan ya lagi nongkrong eh ditongkrongin juga sama yg antri 😁😁

    BalasHapus
  3. Harus. Empati memang perlu diasah terutama di ruang publik. Makasih memgingatkan melalui tulisan yang oke banget ini. Salam edukasi.

    BalasHapus
  4. Usefᥙl infoгmation. Lucky me I foᥙnd ʏour web site accidentally, ɑnd I'm surprised ѡhy thiѕ twist of fate dіd not came аbout eаrlier!

    I bookmarfked іt.

    BalasHapus
  5. I wаs pretty pleased to fіnd this weeb site. I need to to tһank уoᥙ foг
    ᧐nes time ffor this pɑrticularly fantastic read!! Ӏ dеfinitely enjoyed еvery littⅼe Ьit of it and i also
    have you bookmarkerd t᧐ check out new thinngs on yoᥙr blog.

    BalasHapus
  6. Saya pernaaaaahhh mengalami. Padahal di rumah makan biasa di pinggir jalan. Gak ada fasilitas macam-macam, kayak AC atau WiFi. Tapi, memang selalu ramai. Mungkin arena dekat stasiun dan sotonya memang enak.

    Waktu itu, saya sekeluarga udah berdiri di samping, 2 orang perempuan. Mereka asik banget ngobrol. Saling curhat gitu. Saking asiknya sampai kayak gak nyadar kalau dari tadi kami udah berdiri tepat di samping mereka. Sebetulnya saya yakin kalau mereka bukan gak sadar. Tapi, minim empati. Dan yang kayak begitu memang harus ditegur dulu.

    BalasHapus

Silakan Tinggalkan Komentarnya. Maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...