badge

Minggu, 10 April 2022

3 Hal Yang Ingin Aku Lakukan di Ramadan

 

Mungkin akan lebih pas kalau dibilang dengan 'Mimpi'. Karena, memang sudah lama banget pengen mewujudkan 3 hal ini. Ya, sebenarnya banyak hal yang ingin dilakukan di bulan puasa. Tapi, 3 hal inilah yang terus terngiang-ngiang sampai kebawa mimpi. Berharap banget, di bulan baik ini, Allah ijabah semua keingan yang sudah lama ingin saya wujudkan. 

Bucket list Ramadan


Tahu kan, kalau Ramadan adalah bulan yang ngga ada hijab antara kita dengan Allah. Artinya, segala hajat dan keinginan baik yang kita miliki bisa saja terwujud. Asal, kita mau sabar dan terus berdoa. Ngag tau ya, lewat jalan mana segala mimpi, hajat, dan keinginan kita bisa terwujud. 

Hal yang ingin banget saya lakukan, atau mimpi yang kepengen banget bisa terwujud itu adalah memang hal yang sudah lama banget ada di bucket list. Saya sering bayangin, mimpi-mimpi itu terwujud nyata. Aduh, rasanya senang banget. Jadi, 3 hal yang ingin saya lakukan itu : 

Umroh Ramadan 

Ya Allah, nulisnya aja sudah bergetar duluan. Karena memang mimpi banget bisa umroh saat Ramadan. Menjalani ibadah puasa di tempat dimana kewajiban puasa pertama kali dimulai. Menghabiskan waktu hanya dengan bolak balik ke Masjid, tarawih bersama dengan imam masjid, yang suaranya biasanya cuma bisa saya dengar lewat mp3, dan bisa shalat IED di depan Ka'bah. Masyaallah, Tabarakallah. 

Rasanya, bakal melow banget ibadahanya saking bahagianya bisa umroh saat Ramadan. Saking istimewanya, Rasulullah pernah bilang kalau umroh di bulan Ramadan itu, pahalanya setara Haji. Gimana ngga makin menggebu, kan. Semoga, entah di tahun berapa, mimpi itu akan jadi kenyataan 

Puasa di Negara Lain 

Ini juga jadi salah satu yang pengen banget saya lakukan, alias mimpi saya di bulan Ramadan. Saya pengen banget merasakan puasa di negara lain. Kalau bisa sih, di negara dimana Islam jadi minoritas. Wah, itu challenging banget kan. Rasanya puasanya bakal jadi makin seru buat dijalani. 

Mau merasakan beradaptasi dengan jam puasa di negara lain, yang mungkin beda dari Indonesia. Kalau di Indonesia puasa sekitar 12 jam, pasti bakal beda rasanya dengan puasa 17 jam. 

Belum lagi ketika harus cari makanan buat sahur dan buka, dimana bisa shalat jama'ah dan tarawih. Semuanya bakal jadi tantangan yang malah bikin saya excited. Negara yang ingin sekali saya datangi dan bisa puasa di sana adalah Australia, Inggris, dan Jepang. Smeoga salah satunya benar-benar bisa saya sambangi saat Ramadan.

I'tikaf 

Nah, kalau ini keinginan yang sudah hampir 3 tahun saya ingin wujudkan. Terakhir i'tikaf itu tahun 2018, ketika hamil Khal. Tapi setelah lahiran dan harus menyusui, buyar sudah. Walau pengen banget, saya ngga mungkin bawa bayi buat i'tikaf. 

Ramadan ini, Khal sudah 3 tahun dan sudah sangat bisa diajak kerjasama. Khal sudah ngerti kalau saya bilang 'Di masjid, harus baik ya.  Di masjid tidak boleh lari-lari, tidak boleh berisik'. Ngga serta merta dia benar-benar diam sih. Ada lari-lari sedikit juga. Tapi kalau diperingati, dia akan nurut. 

Buat saya, i'tikaf di masjid jadi media muhasabah. Berdiam diri sambil membaca Al-Qur'an. Ngga ada yang kita dengar selain lantunan ayat-ayat Al-qur'an. Bisa kontemplasi, betapa diri ini kok masih selalu buat salah, selalu banyak salahnya. Merenung, apakah Ramadan dari tahun ke tahun yang dijalani, sudah lebih baik, sama aja, atau malah menurun. Banyak hal yang bisa jadi bahan perenungan ketika i'tikaf. Makanya, salah satu hal yang dikangenin saat Ramadan, ya bisa i'tikaf. 


Buat kamu yang baca, langitkan doa buat saya ya. Semoga 3 hal itu bisa diijabah oleh Allah. Semoga hal-hal yang ingin saya lakukan di bulan Ramadan, bisa terwujud. Perlahan, satu per satu. Semoga segala hal yang ingin kamu wujudkan, bisa diijabah juga oleh Allah. 







1 komentar:

  1. Samaaa aku juga pengen ngerasain puasa di daerah minoritas. Meski menantang, tapi pasti jadi sebuah cerita dan pelajaran hidup.

    BalasHapus

Silakan Tinggalkan Komentarnya. Maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...