badge

Jumat, 29 April 2022

Enak Mana, Belanja Online Atau Offline?

 

Kalau saya ditanya, enak mana belanja online atau offline? saya akan jawab, belanja online lah. Buat saat ini, belanja online jauh lebih asik daripada belanja offline. Tapi, bukan berarti ngga suka belanja langsung ke toko gitu. Belanja langsung juga ada asiknya sih. Cuma kalau kaya saya yang ngga hobi basa-basi, belanja online jauh lebih enak. 

Sejak gadget dan akses internet sudah mudah dijangkau banyak orang, semua orang tuh maunya yang serba simple dan cepat. Kalau bisa dilakukan di rumah, sambil rebahan, ngapain kudu panas-panasan keluar rumah. Coba itu, siapa yang ngga pernah order makanan pakai abang ojek online? Kayaya mereka yang ngga pernah order makanan online, bisa jadi belum ngerti atau mungkin hapenya ngga support :p

Enaknya Belanja Online


Belanja kebutuhan secara online itu sejujurnya ngebantu banget loh. Terutama nih, buat seorang ibu yang punya anak bayi atau balita yang masih belum kondusif kalau diajak-ajak belanja. Belum menghadapi bad mood si anak bayi kalo kecapekan, laper, atau ngantuk. Makin capek aja deh bawanya. 

Belum lagi, budgetnya bisa jadi bengkak banget kalau belanja offline. Yang awalnya cuma mau beli sendal, eh malah beli es krim, pizza, kopi, dan roti. Jadi banyakan jajannya daripada tujuan belanjanya. Cuma di antara minusnya, ya ada plusnya juga sih belanja offline. Kita bisa tahu kualitas barangnya langsung. Bisa lihat bahannya, bisa pegang dulu, sampai bisa dicobain dulu. Jadi ngga ada cerita kekecilan atau kebesaran. Kecuali kalau beli baju or sepatu anak, tapi anaknya ngga dibawa. 

Sedagkan kalau belanja online, kita tinggal duduk atau rebahan. Scrolling barang-barang yang sedang dibutuhkan, hanya lewat gadget yang kita punya. Lalu bisa compare harga dan lokasi tokonya. Pilihannya juga banyak dengan harga yang bisa disesuaikan dengan budget.  Kalau pas nemu yang cocok, tinggal check out, bayar, dan tunggu barangnya sampai di rumah deh.

Minusnya, kita beneran pasrah dengan kualitas barang. Karena kita kan ngga lihat dan pegang langsung barangnya. Makanya, saya suka baca reviewnya dulu sebelum memutuskan untuk beli. Rating toko juga jadi bahan pertimbangan. Kalau ratingnya cuma 4, saya bakal skip dan cari toko lain. 


That's way, saya akan belanja online di toko yang memang review dan rate nya bagus. Compare antara harga dan barang juga. Kalau harganya ngga masuk akal, terlalu murah, bakal curiga sih. Dan off course ngga akan beli. Kecuali kalau memang sedang ada promo atau flash sale. 

Kalau keperluan sehari-hari kaya sembako, prefer beli lewat offcial storenya aja. Sekarang kan brand banyak yang punya toko sendiri di e-commerce. Malah sering ngasih promo, diskon, dan gratisan juga. Jadi seneng aja kalau ada promo gitu, malah lebih yakin kan kalo beli di official storenya. 

Nah, gitu deh plus minus belanja antara online dan offline. Kalau saya tetap sukanya belanja online, kalau kamu gimana? 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan Tinggalkan Komentarnya. Maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...