badge

Sabtu, 09 April 2022

5 Kegiatan Yang Bisa Dilakukan di Rumah Saat Puasa

 

Sebenarnya sih kalau lagi puasa gini, emang enakan diam di rumah aja. Tapi kalau yang kerja, ya ngga bisa juga karena walau puasa, kerja tetap jalan terus. Buat saya yang ibu rumah tangga, sehari-hari kan memang di rumah aja. Kerjaannya ya ngga bisa dibilang sedikit juga. Kalau lagi puasa ini, berasanya kok kaya kerjaan makin berat. 



Tapi, walau berasa cepat lelah pas puasa, jangan sampai kita malah malas-malasan ya. Sayang banget loh, kalau puasanya kalau kebanyakan tidur. Padahal ada banyak kegiatan yang bisa kita lakukan, untuk mengisi waktu di bulan Ramadan. 

Di postingan kali ini, saya mau sharing 5 kegiatan yang bisa dilakukan di rumah saat puasa. Insyaallah berfaedah dan bisa nambah pahala juga. Sayang nih, Allah lagi ngasih diskon pahala besar-besaran eh malah dianggurin. 

1. Khatam Al Qur'an 

Hayo, kalau pas bukan bulan puasa, bisa khatam Al- Qur'an dalam waktu berapa bulan? di Ramadan kali ini,  bisa dicoba buat sekali aja khatam Al-Qur'an. Kalau bisa 2 atau 3 kali, ya Masyaallah. Kalau ngantuk ngaji sendiri, bisa ajakin anggota keluarga yang lain buat ikutan ngaji. Kalau mau khatam Al-Qur'an dalam sebulan, sehari ngajinya 1 juz. Nah, 1 juz itu 10 lembar. Biar ngga berat, bisa dibagi per waktu shalat. Tiap selesai shalat wajib, bisa baca 2 lembar. Insyaallah, di akhir Ramadan bisa khatam 1 kali. 

2. Beberes

Kalau saya pribadi, tiap kali mau Ramadan, saya ngajak anak-anak buat beberes. Kalau perlu ganti cat rumah, ya diganti.  Lemari dan pojokan dibongkar dan dibersihkan. Kalau lagi beberes besar gitu, suka keliatan tuh barang-barang yang memang sudah ngga kepakai tapi masih disimpan aja. 

Jadi, semua barang yang dirasa sudah ngga terpakai saya kasih-kasihin aja. Jujur deh, setelah kita mengeluarkan barang-barang yang cuma menuh-menuhin rumah, perasaan tuh lega banget. Lihat rumah lebih rapih dan lowong. 

Buat isi waktu puasa, bisa beberes yang ringan-ringan aja. Misalnya aja kaya decor ulang ruang tamu, dapur, atau kamar. Sekadar geser meja atau sofa ke area yang baru aja sudah keliatan beda loh rumah kita. Lihat ruamh rapih dan lowong bisa bikin semangat juga menjalani puasa. 

3. Nyobain Resep 

Nah ini buat yang hobinya ngumpulin resep tapi jarang dieksekusi, di puasa ini boleh kali 2-4 resep dipraktekin. Jangan disimpan aja resep-resep yang ada di archieve instagram :p Cobain aja resep yang sekiranya mudah dan bikinnya ngga perlu waktu lama. 

Boleh juga ajakin anak-anak buat ikutan masak. Minta mereka preparing bahan-bahan masaknya, terus dieksekusi bareng-bareng deh. Selain menghilangkan penasaran sama resep yang sudah disimpan, masak bareng anak bisa jadi bonding time juga. 

4. Ikutan Webinar 

Sejak pandemi melanda, kita dipaksa untuk bisa beradaptasi dengan cepat. Salah satunya media online yang sering dipakai untuk meeting atau penyelenggaraan event. Kita jadi familiar sama yang namanya webinar. Kalau dulu mau ikut pengajian harus dateng ke lokasi, di era pandemi, ngaji bisa daring lewat laptop atau handphone. 

Banyak banget tema-tema webinar yang menarik. Ngga hanya buat isi waktu puasa, tapi bisa dapat edukasi atau ilmu baru tentang tema yang dibahas di webinar. Mau ikut yang gratisan, banyak kok. Bisa cari-cari aja infonya di instagram. Atau, mau ikut webinar yang berbayar, banyak juga. Sesuaikan saja sama kebutuhan. 

5. Berkebun 

Berkebun ini jadi salah satu hobi yang hits banget di era pandemi. Sampai-sampai, penjual tanaman kebanjiran order dan berimbas dengan harga tanaman yang naik. Yang bisa baca peluang dan punya kesempatan, malah jadi pebisnis tanaman. 

Memang asik loh berkebun itu. Apalagi kalau apa yang kita tanam, bisa tumbuh subur, berbunga atau berbuah. Nah, kegiatan berkebun ini bisa jadi salah satu kegiatan di rumah untuk isi waktu puasa. Bisa manfaatkan teras rumah kalau memang ngga ada lahan lagi. Pilihan tanamananya bisa disesuaikan aja sama selera. 

Nah, itu 5 kegiatan saat puasa yang bisa dilakukan di rumah. Insyaallah berfaedah dan bikin puasanya ngga sia-sia. Daripada kebanyakan tidur, yang malah bisa berujung sakit kepala dan badan malah jadi ngga enak. Mending badannya diajak gerak biar ngga lemes banget. Salah satu ide kegiatan di atas mungkin bisa jadi referensi ya. 

8 komentar:

  1. Wah ini nih membangunkan yang mager daan memilih rebahan aja saat menunggu buka, karena udah lemes-lemesnya. Belum tahu aja asyik dan serunya kalau sambil ngelakuin pekerjaan lain apalagi nyari takjil, ga kerasa laparnya. Mantep, ini bisa dijadikan inspirasi ngabuburit ga hanya nyari takjil ya, hehe.

    BalasHapus
  2. Buatku puasa is the best way to 'me time" dengan melakukan banyak hal yang tadinya ga pernah kebayang seperti khatam Quran dalam tempo sebulan, sholat dengan jumlah banyak kayak taraweh sambung dhuha dan tahajud sebelum sahur juga

    BalasHapus
  3. Poin 4 aku malah belum ikutan selama pandemi. Nah point 1 sedang proses belajar kak, mohon doanya ya. Poin lainnya itu passion aku ,beberes dan rawat merawat tanaman

    BalasHapus
  4. kalo pas libur kerja biasanya mandatory bebenah dan laundry things, trus sama jalan-jalan biasanya, ngabuburit kitu, nah kalo udah cuti nih yang mesti ngelist mau ngapain aja selama di rumah

    BalasHapus
  5. Aku yang nimer 3 tuh,jadi rajin kepoin resep di tiktok,bagus2 dan mudah gitu ngikutinnya.

    BalasHapus
  6. Btw aku udah lama banget ga terlalu rutin berkebun deh Ka. Entah kenapa Ramadan ini rasanya aku mager banget. Tau-tau udah sore aja.

    BalasHapus
  7. Hanya berkebun yang saya gak lakukan hehehe. Karena memang gak bisa. Tapi, punya kegiatan saat puasa memang asik. Biar gak lemes juga puasanya

    BalasHapus
  8. Milih yang baca Al-Quran dan cobain resep. Hawanya panas jadi malas beberes tanaman hanya siram-siram hehehe. Salam hangat kak Uchi

    BalasHapus

Silakan Tinggalkan Komentarnya. Maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...