badge

Minggu, 17 April 2022

Kenapa Suka Traveling?


Sejak bisa traveling sendiri, dengan biaya yang dikumpulkan sendiri, jujur jadi ketagiha. Rasanya tuh, kalau pas dapet payment dari project yang sudah dikerjakan, maunya dikumpulin buat traveling. Entah itu traveling ke luar kota, atau traveling ke luar negeri. 

Duilee, sombong amat travelingnya keluar negeri. Padahal duitnya aja pas-pasan :p. Ya, mungkin ada satu dua orang yang kepikiran kaya gitu. Pas tau saya mau keluar negeri. Mereka mungkin menganggap kalau keluar negeri itu buang-buang duit, ngga ada manfaatnya, atau cuma pengen pamer. Aduh, sedih. 


Padahal, traveling yang saya lakukan itu bukan sekadar jalan-jalan aja. Ada banyak banget manfaat yang saya rasakan dalam sebuah perjalanan. Ngga sekadar jalan-jalan yang cuma ngabisin duit aja. Ada hal yang cuma bisa kita rasain kalau kita sedang traveling. Terlebih lagi kalau travelingnya keluar dari negara kita. 

Baca Ngeblog Sampai Hongkong

Traveling itu bakal mengajarkan kita banyak hal. Tentang bagaimana bisa beradaptasi dengan tempat yang baru pertama kita datangin. Saat saya ke Hongkong buat ketemu sama teman-teman Pekerja Migran Indonesia, saya tuh dibikin nyess banget. Perasaan bangga, salut, dan sedih jadi satu. Sedihnya tuh kaya lihat mereka jauh dari keluarga, pasti ada perasaan kangen. 

Saat hari libur, mereka tuh banyak berkumpul di titik-titik tertentu buat ketemuan dengan sesama pekerja. Mereka ngobrol, makan-makan, sampai jualan juga. Pas saya tanya, jualan yang mereka lakukan ya buat hiburan dan nambah-nambah pemasukan. Mereka happy mengerjakannya. 

Dari sebuah perjalan yang kita lakukan, kita tuh kaya lagi diajarkan untuk bersyukur. Dikasih kesempatan. buat ketemu dengan orang-orang yang mungkin kondisinya ngga seberuntung kita. Kita datang keluar negeri buat hiburan, sedangkan mereka keluar negeri buat cari nafkah. Mereka ngga bisa pulang kalau memang kontrak kerjanya belum selesai. Mereka harus rela nahan rindu sama keluarga, demi bisa mengumpulkan rupiah. Ahh, jadi melow nih nulisnya. 

Saya sempat berjam-jam diam di salah satu Masjid terkenal di Hongkong. Bukan sekadar shalat, tapi juga memerhatikan puluhan PMI yang melakukan aktivitas pengajian di masjid itu. Sampai ada yang tanya 'Mba wartawan ya?' karena melihat kamera DSLR yang saya bawa. Saya hanya bisa memerhatikan kegiatan mereka dalam diam. Tertegun dan hati rasanya hangat gitu. Ada pelajaran lagi yang saya dapat dari perjalanan ini. 

Makanya, ketika ada yang bilang traveling hanya buang-buang duit, saya yakin mereka yang ngomong gitu memang belum pernah ngerasain traveling. Apalagi traveling keluar negeri. 

Baca Traveling Hemat ke Kuala Lumpur 

Ngga usah jauh-jauh dulu deh, coba yang dekat-dekat aja dulu. Misalnya ke Singapura atau Kuala Lumpur, Malaysia. Naik pesawat cuma 1 jam sampai. Harga tiketnya juga ngga terlalu mahal. Akomodasi seperti hotel juga murah-murah. Apalagi buat makan, dibanding beli makanan di Jakarta, lebih murah beli makanan di Kuala Lumpur. 

Traveling itu ada pelajaran syukurnya, ada pelajaran sabar, ada pelajaran ikhlas, dan ada pelajaran untuk kuatnya. Semua bisa kita dapatkan dalam sebuah perjalanan. 

Kalau kita keluar negeri, ketika turun dari pesawat, kita bakal berhadapan dengan imigrasi which is kita bakal ditanya-tanya. Bahasanya pun beda dari bahasa yang biasa kita pakai. Gimana kita menjelaskan tujuan kita datang ke negera mereka, dimana bakal tinggal, kapan pulang, dan lain-lain. Deg-deg an ngga tuh. Buat yang pertama kali, pasti bakal jiper (baca : deg-degan). Lutut kayanya lemes dan jantung berdebar-debar kaya mau ketemu gebetan #eaa. 

Setelah keluar imigrasi, kita harus mikir gimana caranya bisa sampai tempat penginapan. Pakai bus atau mobil, atau kereta, jalannya lewat mana, ongkosnya berapa. Terus sampai tempat penginapan, harus bisa nunjukin bukti booking, menyerahkan deposit, dan nunjukin paspor. Setelah itu, kalau lapar harus cari makan kemana. Ahh, banyak deh pokoknya. 

Tantangan-tantangan kaya gitu yang bikin saya selalu pengen traveling terus. Seru. Beda bahasa bukan jadi penghalang. Selagi ada google translate, aman lah :p padahal mah ya jarang juga pakai Google Translate pas di lokasi. 

Sekarang kondisi beranjak pulih. Pandemi selesai dan banyak negara yang sudah open border buat wisatawan. Ada beberapa negara yang masih jadi wishlist saya. Masih nabung dan nyari-nyari tiket murah sih. Karena buat yang gaya travelingnya backpacker-an, traveling murah itu wajib. 

Buat kamu yang sedang berencana untuk melanglang buana, melintasi bumi, yuk semangat. Nabung dan siapkan diri kamu untuk berhadapan dengan serunya sebuah perjalanan. Akan ada banyak hal yang bakal kamu dapat. Pelajaran yang nantinya akan bikin kamu jadi banyak-banyak bersyukur. Ciri muslim yang baik kan, mudah bersyukur. Dan, seperti janji Allah, kalau kita bersyukur maka akan ditambah nikmatnya. Dengan begitu, akan ada lagi perjalanan-perjalanan selanjutnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan Tinggalkan Komentarnya. Maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...