badge

Senin, 18 April 2022

Tentang Jadi Ibu Rumah Tangga

 

Sarjana kok di jadi ibu rumah tangga aja

Beuh, kalimat ini singkat tapi tajam ya. Kalau yang ngga siap mendengar kalimat ini, bakal terbawa perasaan dan jadinya sedih. Tapi kalau sudah kebal, ya akan dianggap angin lalu aja. Awal-awal kalimat ini ditujukan ke saya, saya sempat bengong dan jadi kepikiran. Sampai akhirnya memutuskan buat cari kerja lagi. 

Tapi, setelah saya mikir lagi. Ternyata di rumah dengan anak-anak, seru juga. Kalau tiba-tiba bosan ya wajar lah. Yang kerja kantoran aja pasti pernah ngerasain bosan. Dijalanin aja. Insyaallah, keputusan untuk jadi ibu rumah tangga adalah keputusan yang terbaik buat saya. 


Waktu saya terbawa perasaaan karena omongan 'sarjana kok di rumah, ngurus anak aja', akhirnya saya beneran nyebar lamaran kerja. Pokoknya mau kerja lagi. Mau berangkat pagi, pulang malam lagi. Mau ngerjain kerjaan selain kerjaan rumah. Mau punya gaji bulanan yang pasti. Pokoknya mau keluar rumah setiap hari. 

Saat ada panggilan buat interview, tiba-tiba perasaan saya berubah. Melihat orang-orang di kantor tempat saya interview itu kok kayanya berat banget. Mukanya muka pusing semua :p Terus tiba-tiba jadi ingat anak-anak di rumah. Alhamdulillah, akhirnya saya ngga diterima kerja. 

Waktu saya memutuskan untuk resign dari tempat kerja, alasan terkuat saya ya anak. Pengen nemenin anak di rumah. Lihat mereka main, belajar, makan, tidur. Pokoknya pengen selalu ada di samping anak. Pengen selalu jadi orang yang dicari anak setiap hari. Pengen jadi orang yang selalu dibutuhin, setiap hari. Pengen jadi orang pertama yang jadi saksi tumbuh kembang anak. Walau akhirnya sudah ngga punya gaji bulanan, Alhamdulillah masih bisa punya uang dari suami. 

Seiring waktu, saya mulai berpikir buat cari penghasilan sendiri. Pengen kerja tapi ngga ninggalin anak-anak. Suami ngasih modal buat bikin cafe kecil. Alhamdulillah saya happy banget ngejalaninnya. Sampai tiba-tiba saya hamil dan payah sekali. Sering muntah dan jadi lemas. Akhirnya, cafenya tutup. 

Setelah si bayi lahir, saya kembali pengen punya usaha lagi. Suami kasih modal lagi. Kali ini milih buat jualan baju-baju anak. Happy juga jalaninnya, apalagi kalau pas bagian packing dan ngirim ke kurir. Terus, saat rumah yang dibangun selesai, capek. Akhirnya toko bajunya tutup. Kembali fokus di rumah dengan pekerjaan yang ngga ada habisnya. 

Mencari Pelampiasan 

Saat bosan melanda, saya coba berpikir buat cari pelampiasan. Akhirnya saya masuk komuitas menulis, fokus. Kemudian ada jalan jadi blogger, hingga saat ini. 

Jadi, menulis adalah pelampiasan saya ketika bosan menjalani hari. Nulis bisa dilakukan di rumah, di dalam kamar. Anak-anak masih bisa lihat ibunya di rumah. Kalau pas capek karena kelamaan nulis depan laptop, main deh sama anak-anak. Atau mulai ngerjain kerjaan rumah. 

Saat ada undangan acara, saya kondisikan anak-anak dulu. Menyiapkan makan, beberes, hingga bagi-bagi tugas ke mereka. Alhamdulillah, so far so good. Mereka selalu support apa yang saya kerjakan. 

Dari nulis yang kerjakan di rumah, saya bisa punya penghasilan sendiri yang sangat-sangat saya syukuri. Bisa beli ini itu tanpa minta ke suami. Bisa ngajak anak-anak ke mall, main dan makan. Anak-anak happy, saya juga happy karena bisa kerja tapi bisa tetap jadi ibu rumah tangga. 

Jadi ibu rumah tangga itu seru. Tapi memang, harus banyak ikhlas dan sabar. Stok sabar dan ikhlas ngga dijual di ecommerce. Kudu pakai latihan biar punya stok yang banyak. Sampai sekarang, saya masih belajar banyakin sabar kok. Tapi ngerasain banget perubahannya, setelah bertahun-tahun jadi ibu rumah tangga. 

Kalau kamu lagi galau antara mau kerja or jadi ibu rumah tangga aja, coba deh tanya lagi ke diri kamu sendiri. Alasan terbesar kamu untuk tetap kerja, atau mau jadi ibu rumah tangga itu apa? Ajak diri kamu bicara. Kalau bisa bikin list, kebaikan dan keburukan dari pilihan yang akan kamu pilih. Pastikan apa yang kamu pilih lebih banyak kebaikannya ya. 

Jika dirasa masih butuh kerja untuk hidup sehari-hari, silakan. Tapi, saat pasangan kita memang sudah mampu mencukupi segala kebutuhan kita dan anak-anak, jadi ibu rumah tangga seru juga loh. Kalau perlu kesibukan selain kerjaan rumah, bisa coba buat ngeblog. Kaya saya. Bisa dikerjakan di rumah, bisa bikin happy, dan bisa jadi sumber penghasilan buat diri kita sendiri. 

Tapi, apapun keputusan kamu, semoga itu adalah keputusan yang terbaik. Buat diri kamu dan keluarga. 





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan Tinggalkan Komentarnya. Maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...