badge

Selasa, 05 April 2022

Biar Puasa di Rumah Aja Ngga Bikin Boring

 

Pernah ngga sih ngerasa puasa itu bosen banget? Apalagi kalau bukan pekerja kantoran kaya saya. Tapi kalalu saya sendiri,  Alhamdulillah belum pernah ngerasain bosan saat puasa. Kalau ada yang merasa bosan saat puasa, mungkin karena ngga tau mau melakukan apa sambil nunggu waktu berbuka. 

Risalah Husna


Padahal dalam waktu 12 jam kita menjalankan puasa, ada banyak kegiatan yang mungkin bisa dilakukan. Kalau para pekerja sih pasti malah ngga berasa ya waktunya. Tau-tau dzuhur, trus tau-tau maghrib, trus buka puasa deh. Buat yang kerjanya di rumah kaya ibu rumah tangga atau para freelancer, kadang ya suka berasa juga nungguin nungguin waktu buka. 

Gimana kalau tiba-tiba ngerasa bosan ketika menjalankan puasa? perasaan kaya gitu wajar aja sih kalau menurut saya. Tapi jangan dibiarkan. Perlu dikelola agar ngga berlarut which is bisa ganggu ibadah Ramadan kita. Sayang banget, kalau ngga bisa menikmati Ramadan. 

Lakukan hal produktif yang disuka. Tahu kok, kalau puasa itu maunya hemat energi a.k.a ngga mau capek-capek. Tapi sadar ngga sih, kalau males-malesan malah bikin badan ngga enak. Lemes, ngantuk, dan pengennya ya rebahan aja. Saat kamu ngga bergerak, maka otot-otot di badan bisa jadi kaku. Jadi badan berasa ngga enak. Akhirnya malah bikin kamu boring karena merasa lelah banget. 

Coba yuk, bangun dari rebahan dan lakukan yang sebenarnya kamu suka. Kalau suka baking, cobain resep-resep yang sudah lama kamu simpan. Ya hitung-hitung bikin takjil buat buka puasa ya. Kalau kamu suka berkebun, kamu bisa pindah-pindahin atau rapihin tanaman yang mulai gondrong. Apapun hal produktif yang kamu suka, coba deh dilakuin. Sambil nunggu waktu berbuka, kamu bisa dapat menghasilkan sesuatu yang produktif. 

Ikut kajian atau ngaji online. Sekarang sudah banyak loh kajian-kajian online yang bisa kamu ikutin. Kamu bisa lebih menghargai Ramadan dengan ikut kajian Ramadan. Kamu mungkin akan tercerahkan betapa pentingnya bulan Ramadan ini buat ummat Islam. Dan yang ngga kalah penting, akan jadi ladang pahala kamu di bulan mulia ini. 

Re-decorate rumah. Ngga usah yang berat kaya pindahin furniture. Malah jadi lemes, bund karena capek. Tapi kamu bisa dekor ulang frame, nambahin tanaman indoor, atau nambah perintilian interior yang lucu-lucu. Dekor ulang rumah ini bisa bikin fresh tampilan rumah. Kita yang ngeliatnya bisa happy juga. 

Di e-commerce itu banyak banget printilan buat bikin rumah keliatan lebih cakep. Bisa deh tuh hunting-hunting, trus diaplikasikan. Walau sekadar nambahin 1 frame di dinding, itu udah bikin beda. 

Silaturahmi. Alhamdulillah ya sekarang kita sudah diizinkan buat ngumpul-ngumpul. Tapi, tetap aware ya. Tetap jaga kebersihan supaya lebih aman. Momen Ramadan ini, bisa kamu manfaatkan buat ketemuan sama teman-teman yang sudah lama ngga ketemu, karena pandemi. Bisa sekalian buka puasa bareng gitu. 

Ketemu dan ngobrol sama temen bisa bikin happy juga. Asal ngobrolnya tetap yang baik-baik ya. Karena kalau malah ngoborlin hal yang ngga penting, sayang ah puasanya. 

Baca 5 Kegiatan Menarik Isi Waktu Puasa

Sebenarnya, banyak banget hal yang bisa kamu lakukan saat puasa di rumah aja. Yang penting, kamu mau ngga melakukannya. Lawan rasa mager dengan melakukan aktifitas yang bermanfaat dan berpahala di bulan suci ini. Jangan hanya dipakai buat rebahan, socmed-an, repeat. Pahala yang lagi diobral sama Allah, saya kalau dilewatkan gitu aja. 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan Tinggalkan Komentarnya. Maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...