badge

Rabu, 20 April 2022

Melangitkan Doa di Bulan Suci

 

Bulan Ramadan dikenal sebagai bulan penuh ampunan. Selain itu, kita juga bisa melangitkan doa apapun tanpa hijab. Maksudnya, doa yang kita panjatkan bisa langsung sampai ke Allah. Makanya, di bulan ini kita diminta untuk banyak-banyak berdoa. Mohon ampunan dari segala dosa dan khilaf. 

Kalau sedang punya hajat, saat yang tepat berdoa di bulan ini. Apapun yang kita minta, panjatkan aja. Jangan pikirin kapan doa kita akan diijabah, pokoknya banyak-banyak berdoa aja. Karena tugas kita kan memang berdoa, masalah kapan bakal terkabul, terserah Allah aja. 


Sama dengan kebanyakan ummat muslim lain yang gencar berdoa dan berharap di bulan ini, saya pun gitu. Ada banyak sekali pinta dan harap saya pada Allah. Bukan hanya berdoa untuk diri sendiri, tapi juga untuk suami, anak-anak, dan keluarga. 

Baca Hal Yang Ingin Dilakukan Saat Ramadan 

Jadi, kalau boleh dibuatkan sebuah bucket list, di tahun 2022 ini harapan saya diantaranya :

  • Umroh bersama suami. Ini yang jadi top of my wish list. Sebuah harap dan mimpi dari kebanyakan ummat muslim. Bisa berkunjung ke tanah suci.
  • Trip to Japan. Ini keinginan lama yang sampai kini belum terwujud. Jadi, semoga bisa terkabul di tahun ini. Mau main salju, ski, dan merasakan indah dan teraturnya Jepang. 
  • Renovasi rumah. Mau renov dapur yang ukurannya mini jadi lebih lega. Jadi, area domestik yang tiap hari saya sambangi bisa lebih nyaman. Jika ada dananya, mau nambah lantai dan kamar buat anak. Salahnya, waktu pertama kali bangun rumah, kami hanya bikin 2 kamar aja. Padahal seharusnya, keluarga muslim itu minimal punya 3 kamar. Kamar orangtua, kamar anak laki-laki, dan kamar anak perempuan. 
  • Melunasi biaya haji. Agar saat sudah ditentukan harus berangkat, saya dan suami sudah bisa tinggal berangakat. Untuk pelunasa biaya haji berdua, bisa sekitar 40 jutaan lagi. Semoga dikasih keluasan dan keberkahan rezeki buat melunasi biaya haji. Termasuk biaya hidup untuk anak-anak, yang nanti akan kami tinggalkan selama haji. 
  • Investasi lebih banyak lagi. Saat ini saya lagi belajar investasi reksadana. Kecil-kecila aja dulu, sambil belajar. Lebih nyaman karena saya pilih reksadana yang syariah. Dan ternyata jauh lebih menyenangkan karena bisa bikin post sesuai kebutuhan. Ngga ada potongan biaya admin kaya bank, yang bikin tabungan malah berkurang terus. Selain reksadana, saya juga sedikit-sedikit nabung emas. Kalau emas kan investasi jangka panjang, jadi memang tujuannya benar-benar buat di atas 5 tahun ke depan. 
Itu saja yang menjadi keinginan di tahun ini. Untuk investasi, akan terus berjalan hingga tahun-tahun berikutnya. Buat biaya pendidikan anak yang tiap tahun naik, dan persiapan ketika anak-anak beranjak ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. 

Yang namanya doa, boleh loh sekalian yang tinggi. Allah suka banget sama hamba-Nya yang menadahkan kedua tangannya untuk bedoa. Apalagi doa yang dilarungkan di waktu-waktu mustajab, seperti bulan Ramadan ini. Makanya, ini jadi kesempatan buat kita untuk melangitkan doa. Apapun yang menjadi keinginan kita, sampaikan saja. Jangan malu dan sungkan. Kalau kita jarang berdoa, malah akan dianggap sombong karena merasa ngga butuh Allah. 

Manfaatkan waktu-waktu mustajab menyampaikan keinginan kita pada Allah. Jika tidak dikabulkan dalam waktu dekat, bukan berarti Allah tidak mengabulkan. Bisa jadi, Allah hanya menunda dan akan mengabulkan di waktu yang tepat, di waktu yang kita memang siap menerimanya. Jadi, selalu berprasangka baik saja sama Allah. 

Allah menyukai orang-orang yang berdoa, dan akan mengabulkan doa-doa mereka. Sebagaimana firman Allah :

"... Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan aku perkenankan bagimu. Sesungguhnya, orang-orang yang sombong tidak mau menyembah-Ku akan masuk neraka jahanam dalam keadaan hina dina" (QS. Ghafir : 60) 

 

"Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya padamu (Muhammad) tentang aku, maka sesungguhnya aku dekat. Aku kabulkan permohonan orang yang berdia apabila dia berdoa kepada-Ku. Hendaklah mereka memenuhi perintah-Ku dan beriman kepada-Ku agar memperolah kebenaran" (QS Al-Baqarah : 186)

Semoga segala keinginan dan harapan baik kita semua di tahun ini bisa Allah perkenankan. Jangan pernah putus berdoa satu hari pun. Langitkan saja segala doa, biar Allah yang akan mewujudkannya di waktu yang tepat. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan Tinggalkan Komentarnya. Maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...