badge

Rabu, 13 April 2022

Kenapa Risalah Husna Pakai Blogspot?

 

Pernah ada yang nanya, kenapa milih blogspot daripada wordpress? Sebenarnya, saya juga punya blog di wordpress, tapi berhubung lupa password, jadi ya ngga dipakai lagi. Antara blogspot dengan wordpress, punya keunikannya masing-masing. Kadang, tergantung selera juga. Tapi yang jelas, keduanya bisa jadi wadah buat nulis. Keduanya bisa jadi blog tempat kamu nulis apapun yang ingin kamu tulis. 


blogspot vs wordpress

Kalau ditanya bedanya Worpress dengan Blogspot, ada hal mendasar yang memang membedakannya. Blogger atau Blogspot adalah platform blogging yang sederhana. Sedangkan Wordpress adalah praltform dan CMS (Content Management System) dengan fitur yang jauh lebih lengkap. 

Lalu, kenapa saya memilih Blogspot? Ini beberapa alasan kenapa pilihan platform blog saya jatuh ke Blogspot. 

User-Friendly 

Blogspot merupakan platform blog yang sangat mudah digunakan. Kita bisa membuat blog hanya dalam hitungan menit. Saat saya mengisi kelas blogging untuk pemula, saya biasanya menyarankan untuk membuat blog lewat Blogspot. 

Blogspot ini dikembangkan oleh Google. Jadi, kalau kita punya gmail, kita sudah otomatis bisa bikin blog. Template blog sudah disediakan gratis dan sangat cukup untuk bisa dipilih. Ngga perlu bingung unduh-unduh template, karena template yang disediakan oleh Blogspot banyak dan bagus-bagus. 

Secara penggunaan, Blogspot mudah banget dipakai. Apalagi buat pemula yang baru mau mulai ngeblog. Saya sih saranin pakai Blogspot aja. 

Baca Pentingnya Belajar SEO 

Minim Hack 

Pernah ada kejadian blog-blog kena hack dan akhirnya ngga bisa diakses. Setelah dicari tahu, ternyata blog yang kena hack hampir semuanya bukan pakai platform Blogspot. Jadi, Blogpost aman kecuali jika masalahnya ada di server. Nah, ini beda lagi ya. Kalau blog kita pakai top level domain, kita akan berhubungan sama server, tempat kita beli domain. Kalau servernya yang bermasalah, bisa jadi blog kita juga kena imbas. Tapi, itu sangat sangat jarang terjadi. 

Selagi Google masih eksis, Blogspot akan terus aman. Tapi buat keamanan ganda, kita bisa bikin blog kita lebih aman lagi. Ya, itu sih ada caranya yang saya sendiri belum praktekin. Karena, saya masih merasa sudah cukup aman dengan kondisi blog saya saat ini. 

Mudah Diakses

Saya bisa ngeblog lewat hape tanpa harus unduh Blogspot. Biasanya saya masuk lewat chorme aja. Dimanapun, selagi gmail saya aktif, saya bisa ngeblog kapan aja. Penggunaan hape buat ngeblog sudah sering saya lakukan. Apalagi pas laptop saya rusak, semua tulisan saya buat lewat hape. 

Secara tampilan pun sama aja kaya pakai laptop, ya bedanya di ukuran aja kok. Untuk masuk-masukin foto pendukung juga jadinya lebih mudah. Karena biasanya kalau ambil foto kan lewat hape. 

Jadi, selama ini masih nyaman pakai Blogspot. Ngga ribet, kecuali kalau memang mau ganti-ganti template, widget, atau yang lainnya. Cuma ya bisa kok dipelajarin pelan-pelan. Kalau baru ngeblog, ngga perlu buru-buru pengen mahir. Semua ada prosesnya, nikamtin saja prosesnya. Itu yang akan membuat perjalanan ngeblog kita jadi memorable. 

Itu aja sih alasan kenapa saya memilih pakai Blogspot daripada platform lain. Sudah cukup nyaman dengan segala fitur yang ditawarkan Blogspot dan kayanya belum kepikiran ganti platform. Yang kepikiran paling pengen ganti template aja sih. Karena, template yang sekarang ini sudah lama banget ngga diganti. Mau lebih fresh aja tampilan blognya. Biar ngeblognya makin semangat dan cuan bisa datang dengan sendirinya. Aamiin. 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan Tinggalkan Komentarnya. Maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...